Pemeriksaan Urine pada Program P4GN Kepada Anggota Kodim 0111/Bireuen Triwulan IV TA. 2018

Bireuen –ย  Setelah Melaksanakan Upacara memperingati Hari Ibu yang ke-90 tahun 2018 Pasi Intel Kodim 0111/Bireuen Kapten Inf Mashudi langsung melakukanย  tes urin P4GN Triwulan IV Tahun 2018. Tes urin kali iniย  bertempat di Aula Makodim 0111/Bireuen Jl. Medan โ€“ Banda Aceh Ds.Blangblahde Kec.Jeumpa. Kab.Bireuen, Sabtu (22/12).

Dengan Tes Urine kepada Personel Makodim 0111/Bireuenย  tanpa terkecuali, hal ini bertujuan dalam profesionalitas TNI yang bebas Narkoba, sehingga bagi Personel Makodim 0111/Bireuenย  yang terbukti menggunakan Narkoba dalam Tes Urine tersebut akan ditindak/diproses sesuai hukum di lingkungan Angkatan Darat.

Dijelaskan oleh Pasi Intel Dim 0111/Bireuen, kapten Inf Mashudi kegiatan ini dilakukan secara mendadak, sehingga didapat data yang natural tanpa adanya persiapan untuk menghilangkan jejak kandungan narkoba.

Kegaitan ini bertujuan untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkoba yang masuk dikalangan prajurit sesuai arahan Panglima TNI, bagi prajurit TNI yang melakukan penyalahgunaan narkoba tidak ada hukuman lain selain pemecatan secara tidak hormat.

Maraknya peredaran Narkoba saat ini menjadikan musuh bersama di Indonesia yang selama ini sudah menyentuh berbagai lapisan dan komponen masyarakat, oleh karenanya Kodim 0111/Bireuen dalam hal ini mengambil langkah untuk mencegah dan mengetahui adanya penggunaan Narkoba di kalangan anggotanya, maka dilaksanakan tes urine bagi seluruh personel Kodim 0111/Bireuen melalui program P4GN.

Pelaksanaan tes urine di Makodim 0111/Bireuen diikuti sekitar 142 orang prajurit kegiatan ini yang merupakan bagian dari program juga untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan Narkoba yang dilakukan oleh prajurit sekaligus untuk mengetahui bila ada oknum prajurit yang menjadi pengguna Narkoba, sehingga dapat ditindaklanjuti untuk penanganannya sesuai dengan perintah dari Komando Atas agar personel TNI AD harus bersih dari semua pengaruh, penggunaan dan peredaran gelap Narkoba.

Hasil dari kegiatan pemeriksaan terhadap tes urine kepada personel Kodim 0111/Bireuen dengan jumlah sekitar 54ย  prajurit TNI yang mengikuti tes urin belum ditemukan adanya penggunaan dan penyalahgunaan Narkoba.