Personel TNI Amankan Meriam Bersejarah Kerajaan Seuneuam

Suka Makmue- Personel Koramil 06/Darul Makmur Serda Sutopo mengamankan sebuah meriam bekas yang diduga milik kerajaan Seuneu’am yang merupakan pemberian kerajaan Turki di Ujong Raja, Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya, Rabu, (26/12).

Penemuan ini berawal saat ada salah satu warga Angkasa 64 Tahun warga desa Pulo Kruet Kecamatan darul Makmur Nagan Raya menemukan meriam diladang mereka dan melaporkan kepada Babinsa.

Menurut keterangan ahli waris, Tengku Surya (anak dari tuanku Abdullah) Kerajaan Seuneu’am (sekarang kemukiman Seuneuam) pada awalnya dipimpin oleh Sultan Malik Al Fakikh tahun 1487-1530 pusat pemerintahannya di Ujong Raja.

Terkait situs sejarah kerajaan yang sempat berjaya di Aceh itu saat ini terdapat 12 meriam di lokasi yang saat ini hutan berantara dan dikelilingi oleh perkebunan sawit milik perusahaan dan masyarakat.

Tengku Surya menambahkan, selain Meriam, terdapat tangga bekas rumah kerajaan dan di lokasi bekas kerajaan tersebut terdapat beberapa makam orang zaman sebelum merdeka RI, salah satunya makam Tuanku Johan yang tak diketahui letak pastinya.

Saat ini Meriam berukuran satu setengah meter itu diamankan sementara di Makoramil Darul Makmur, untuk menghindari agar bukti otentik sejarah tersebut tidak diperjualkan oleh oknum yang tak bertanggungjawab.

Anggota DPR Kabupaten Nagan Raya, Cut Man, SE yang turun ke lokasi temuan menjelaskan Meriam itu merupakan pemberian Kerajaan Turki, ia mengharapkan kepada Pemkab untuk memberikan bonus kepada penemu meriam tersebut.

Sementara itu Danramil 06/Darul Makmur, Kapten Inf Amrin mengatakan penemuan meriam ini adalah yang kedua kalinya setelah tahun lalu menemukan meriam sejenis.