Pangdam IM Pimpin Upacara 17-an

Banda Aceh – Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) memimpin Upacara 17-an di Lapangan Jasdam IM Neusu Jaya, Banda Aceh. Kamis (17/1/19).

Dalam amanat Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. yang dibacakan Pangdam IM  mengucapkan selamat Natal bagi saudara-saudara Umat Kristiani dan Selamat Tahun Baru 2019. semoga di tahun ini, TNI menjadi lebih solid, memiliki semangat baru dalam mengabdi kepada Bangsa dan negara.

Lanjut Pangdam, pada tahun 2018 kita mencatat beberapa pencapaian yang telah dilaksanakan oleh TNI selama tahun 2018, di antaranya seperti pengamanan Pilkada serentak, penanganan bencana alam di Palu dan Lombok, pengamanan Asian Games Jakarta dan Palembang, pelaksanaan Latgab dengan scenario 3 trouble spot.

Kemudian TNI juga telah melaksanakan pengembangan organisasi khususnya di wilayah timur, pembentukan satuan terintegrasi di Natuna, penangulangan bencana alam di Asmat Papua dan Mausu Ane Maluku, evakuasi dan pencarian Lion Air JT-610, mengatasi kelompok bersenjata di Nduga Papua, serta terlibat aktif menjadi pasukan perdamaian PBB.

Hal tersebut merupakan  sebagian kecil catatan yang perlu dilihat sejenak, sebagai bahan renungan dan kajian kita bersama sehingga kelebihan dan kekurangan yang ada, hendaknya menjadi pelajaran dalam mengemban amanah  yang dipercayakan kepada TNI.

“Untuk itu TNI bersama-sama segenap komponen bangsa harus mampu melaksanakan tugas dengan tulus dan ikhlas, dalam mewujudkan rasa aman dan tenteram di masyarakat”. Ungkap Pangdam IM.

“Kepada seluruh prajurit dan PNS TNI senantiasa junjung tinggi Netralitas pada Pileg dan Pilpres 2019 sesuai dengan aturan yang telah dicanangkan”.

“Selain melaksanakan tugas pokoknya, TNI harus dapat bersatu dan manunggal dengan rakyat karena TNI adalah bagian dari rakyat, dan Kemanunggalan TNI dan Rakyat adalah marwah NKRI sejak negeri ini berdiri”. Pungkas Pangdam IM membacakan amanat Panglima TNI.

Selesai upacara 17-an dilanjutkan acara tambahan pemberian penghargaan dan ucapan Selamat kepada Prajurit Kodam IM yang berprestasi oleh Pangdam IM diikuti pejabat Kodam Iskandar Muda lainnya dan diakhiri dengan kegiatan foto bersama.

Dalam upacara tersebut turut hadir Kasdam IM, Brigjen TNI A. Daniel Chardin, Kapok Sahli Pangdam IM, Irdam IM, Para Pa Ahli Pangdam IM, Para Asisten Kasdam IM dan Kabalakdam IM, Para Dansat Jajaran Kodam IM serta Para Perwira, Bintara, Tamtama, PNS segarnisun Banda Aceh.