TNI-Pemda-Dinas Pertanian Aceh dan Petani Panen Perdana Bawang Putih

Takengon – Selesai mengikuti kegiatan Minggu Militer di Makodim 0106/Ateng, Babinsa Koramil 13/Btg Serka Suprapto bersama Petani langsung terjun ke kebun untuk melakukan panen perdana bawang putih seluas 11 Ha dilahan percontohan Kampung Nosar Kecamatan Bintang Kabupaten Aceh Tengah, Jum’at (25/01/2019).

Menurut Babinsa, tanaman tersebut cukup mudah ditemui di negara tropis seperti Indonesia dan negara-negara Asia, hal ini dikarenakan bawang putih telah menjadi bahan bumbu utama sebagai penguat rasa alami yang bebas dari bahan-bahan kimia, contoh masakan seperti nasi goreng, roti bawang, stik bawang dan sebagainya,

Selain itu, juga dapat berfungsi bagi kesehatan manusia, sebab berkhasiat sebagai antioksidan alami yang membantu regenerasi sel dalam tubuh, karena memiliki kandungan kolesterol rendah, kalium, vitamin C maupun B6, fosfor serta seng yang tinggi dan bisa mengobati batuk, pilek, masuk angin, penurun gula darah untuk penderita diabetes, menjaga sistem imun tubuh, hingga menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi, Tambahnya.

Sementara itu, “keterlibatan kami ini merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI khususnya dari matra darat dan untuk menambah sinergitas atau kebersamaan sekaligus meningkatkan Kemanunggalan antara TNI dengan Pemda dan masyarakat, yang sesuai dengan slogan nya yaitu TNI Kuat, Bersama Rakyat”, Jelas Babinsa.

Kepada para Petani lainnya yang ada diwiayah Dataran Tinggi Gayo, Babinsa mengharapkan dengan adanya kegiatan panen bawang ini, semoga dapat termotivasi atau terdorong untuk terus bersemangat dalam bertani maupun berkebun dan terus meningkatkan hasil produksi, agar tarap hidup masyarakat menjadi lebih baik.

Tampak hadir Wakil Bupati Aceh Tengah H. Firdaus SKM, Kadis Pertanian Propinsi Aceh Dedy, Dirjen STO Departemen Pertanian Bardi, Kadis Pertanian Ateng Ir H Juanda, Camat Bintang Sukurdi M.K STPD M. S, Perwakilan dari Bank Aceh, Derektur BI Yufrizal, Direktur gudang Hortikultura Iqbal, RRI Gurniandi, Ketua penyuluhan Pertanian Winaku Setiadi dan Reje Se-Kecamatan Bintang serta Petani.