Dandim 0101/BS Pimpin Upacara Pembukaan Pelatihan Pengaman Pemilu

Aceh Besar-Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0101/BS, Letnan Kolonel Infanteri Hasandi Lubis memimpin upacara pembukaan pelatihan pengamanan pemilu yang digelar di lapangan Kolam Taktis Rindam IM. Senin ( 28/1/19).

Kegiatan tersebut diikuti oleh 600 personel terdidiri dari personel Kodam Iskandar Muda wilayah Kodim 0101/BS, serta personel TNI AU dan AL.

Dalam amanat Pangdam IM yang dibacakan oleh Dandim 0101/BS selaku  inspektur upacara mengatakan  pelaksanaan Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan satuan jajaran Kodam Iskandar Muda yang handal dalam melaksanakan tugas perbantuan kepada Pemda dan Polri dalam pelaksanaan pemilu Legislatif dan Presiden 2019 sehingga dapat berhasil dan berdaya guna.

Lanjut Dandim, kesiapan Satuan akan terwujud manakala, Satuan tersebut selalu mengasah kemampuannya dengan cara belajar dan berlatih secara terprogram, teratur dan terukur yang dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut.

“Para peserta akan diberikan materi tentang tahapan penyelenggaraan Pemilu sesuai undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, terdiri dari Komsos, Binhanwil, prosedur  dan mekanisme permintaan dan pemberian bantuan kepada Polri dalam rangka kamtibmas, penanggulangan kerusuhan massa, penanganan konflik sosial, pengamanan objek vital dan prosedur pengerahan pasukan untuk pelaksanaan pengamanan pemilu dengan cepat, baik terkait kebutuhan personel maupun materiil”. Ungkap Dandim.

“Diharapkan dengan adanya latihan ini dapat terwujudnya sinergitas antara instansi terkait dengan Polri dan Pemda setempat, serta terwujudnya sistem komando, kendali, komunikasi dan informasi dalam pelaksanaan pengamanan pemilu”. Pungkas Dandim.