Dandim 0118 Buka Latihan Pengamanan Pileg dan Pilpres

Pasie Raja – Dandim 0118/Subulussalam, Letkol Inf Winarko M.TR (HAN) memimpin Apel Pembukaan Latihan Pengamanan Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Presiden Kodam Iskandar Muda (IM) tahun 2019. Apel tersebut berlangsung di Yonif 115/Macan Lauser, Pasie Raja, Senin (28/01/2019).

Letkol Inf Winarko M. TR (HAN) dalam amanat Panglima Kodam Iskandar Muda mengatakan, apel PAM Pilpres dan Pileg akan diberikan materi tentang tahapan penyelenggaraan Pemilu sesuai undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

“Kita harus mempelajari komunikas sosial, pembinaan ketahanan wolayah, prosedur dan mekanisme permintaan ataupun pemberian bantuan kepada Polri dalam rangka Kamtibmas, penanggulangan kerususuhan massa, penanganan konflik sosial, pengamanan objek vatal dan lain-lain,” katanya.

Dia menekankan, prajurit TNI harus dipedomani yaitu latihan dengan kesungguhan rasa tanggung jawab dengan suasana yang komunikatif, serta pelihara kedesiplinan.

“Dan perhatikan faktor keamanan personil dan materil sebelum, selama dan sesudah melaksanakan kegiatan. Membawa misi pemilu damai, aman, dan kondusif dalam operasi tersebut, di halaman Mayonif 115/Macan Lauser,” ujarnya.

Prajurit TNI akan berupaya maksimal untuk menjaga keamanan dan kondusifitas di daerah hingga tahapan Pemilu selesai. Namun ia menyadari, tanpa bantuan Polri, masyarakat dan pihak terkait upaya tersebut sulit diwujudkan.

Hadir dalam Apel gelar pasukan yakni Danyonif 115/Macan Lauser, Perwira Staf Kodim 0107/Aceh Selatan, Perwira Kodim 0118/Subullusalam.