Jelang Pemilu 2019, Korem 012/TU Gelar Latihan Pengamanan Pemilu

Meulaboh– Komando Resor Militer (Korem) 012/TU menggelar Latihan Kader Pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden Tahun 2019 yang dibuka oleh Danrem 012/TU yang diwakili oleh Kasrem 012/TU Letkol Inf Yudiono, S.Ag., M.M, Senin (28/1) bertempat di lapangan Yonif 116/GS.

Kegiatan tersebut diikuti oleh personil TNI dari Korem 012/TU terdiri dari prajurit Kodim 0105/Abar, Kodim 0116/Nara, Yonif 116/GS dan perwakilan dari TNI AL.

Dalam amanat Pangdam IM Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko yang dibacakan Inspektur Upacara Kasrem 012/TU mengatakan tujuan digelarnya latihan kader untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan satuan jajaran Kodam IM.

“Agar memiliki kesiapan dan kesiapsiagaan yang tinggi dalam mengamankan berlangsungnya Pemilu Legislatif dan Presiden tahun 2019 yang damai di wilayah Provinsi Aceh”.  Tegas Kasrem.

Diketahui selama latihan para peserta akan diberikan materi tentang penyelenggaraan pemilu sesuai undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu yaitu komunikasi sosial, pembinaan ketahanan wilayah, prosedur dan mekanisme permintaan dan pemberian bantuan kepada Polri dalam rangka kamtibmas, penanggulangan kerusuhan massa, penanganan konflik sosial, pengamanan objek vital dan prosedur pengerahan pasukan untuk pelaksanaan pengamanan pemilu dengan cepat, baik terkait kebutugan personel maupun materil.

Selain itu, dengan adanya latihan ini diharapkan dapat terwujudnya sinergitas antara instansi terkait dengan Polri dan Pemda setempat, serta terwujudnya sistem komando, kendali, komunikasi dan informasi dalam pelaksanaan pengamanan pemilu Legislatif dan Presiden Ta. 2019 di wilayah Provinsi Aceh.

Upacara pembukaan tersebut juga dihadiri oleh Dandim 0105/Abar Letkol Kav Nurul Dianto, Para Dan/Kabalak jajaran Korem 012/TU dan Danyonif 116/GS Letkol Inf Arip Subagiyo serta sejumlah pejabat lainnya.