Kodim 0106/Ateng Gelar Uji Terampil Perorangan

Takengon – Untuk meningkatkan dan memelihara kemampuan perorangan guna mencapai kemampuan standar, Kodim 0106/Ateng menggelar  Uji Terampil Perorangan (UTP) bagi prajurit Bintara dan Tamtama, yang berlangsung selama 3 hari, mulai Tanggal 06 sampai 08, bertempat di Makodim komplek Jln. Pasar Inpres Kp. Bale Atu Kec. Lut Tawar Kab. Aceh Tengah, Senin ( 7/2/19 ).

Pimpinan umum latihan Dandim 0106/ateng-BM Letkol Inf Hendry Widodo menjelaskan, tingkat yang diujikan meliputi kacakapan dua sampai dengan tujuh, sebagai materinya yaitu ketrampilan masing-masing anggota seperti sikap teritorial, lima kemampuan teritorial, tehnik dasar pertempuran,spesialisasi intel teritorial, ketatalaksanaan binter, sistem perencanaan dan pengendalihan binter, pembinaan ketahanan wilayah serta pembinaan perlawanan rakyat.

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk menguji kemampuan perorangan yang dimiliki oleh setiap Prajurit sesuai dengan kecakapan SJM yang dimiliki, serta didapatkannya suatu data kulitatif yang valid tentang pemahaman dan penguasaan Prajurit terhadap pengetahuan ketrampilan umum, sesuai tingkat kecakapan guna kepentingan pembinaan personel maupun pembinaan latihan, Tutur Dandim.

Tambahnya, pembinaan teritorial sebagai salah satu fungsi utama TNI AD yang sejajar dengan fungsi pertempuran dalam rangka menempatkan Binter sebagai salah satu fungsi utama, maka di butuhkan adanya kompetensi dari segenap personel yang bertugas di jajaran Satkowil khususnya para Babinsa sebagai ujung tombak pelaksanaan tugas pembinaan teritorial di lapangan.

Terakhir Dandim berpesan kepada seluruh peserta UTP baik peyelenggara maupun pelaku agar melaksanakan kegiatan dengan sungguh-sungguh dan harus penuh rasa tangung jawab agar hasilnya lebih bisa optimal.