Peltu Bambang Bersama Petani Tanam Padi

Trumon Tengah – Koramil 09/Trumon  di bawah kepemimpinan Kapten Inf M Nasir perintahkan Batuud Peltu Bambang melaksanakan kegiatan Upsus pendampingan petani tanam padi di Desa Trumon Tengah Kecamatan Trumon Tengah Kabupaten Aceh Selatan, Rabu (13/02/2019).

Pendampingan petani menanam padi milik  bapak Abon Ilhan (50), Ketua Poktan Bulan Purnama dengan luas lahan 1,6 Ha.

Peltu Bambang mengatakan  program pemerintah terkait pencapaian swasemba pangan Babinsa harus bisa membuktikan menggarap sawah dan siap menjadi contoh bagi para kelompok tani dan secara teknis saling jalin kerjasama antara Babinsa dengan BPP (Balai Penyuluhan Pertanian).

“Melalui kegiatan sosialisasi dan praktek penanaman sistem demplot, bertujuan mengajak petani untuk bersama-sama mendukung program pemerintah bidang ketahanan pangan menuju swasembada pangan,” ungkap Peltu Bambang.

Pada kesempatan ini tim, materi yang disosialisasikan tentang demplot pengolahan lahan, penanaman (bibit/benih), pemupukan, pemeliharaan hingga nantinya menuai hasil panen.

Lanjut Bambang, Demplot atau Demontration Plot adalah suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani, dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan.

“Demplot ini dimaksudkan sebagai tempat untuk belajar inovasi teknologi bagi petani serta tempat bertukar ilmu pengetahuan antara petani dan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP)”, tutupnya.