Korem 011/Lilawangsa Gelar Sidang Pangkar UKP

Lhokseumawe– Kepala Staf Korem 011/Lilawangsa letkol Inf Sunardi Istanto S.H mewakili Komandan Korem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Purmanto memimpin sidang panitia karier (Pankar) usul kenaikan pangkat (UKP) periode 1 Oktober 2019 bertempat di Aula Yuda Makorem 011/Lilawangsa, Selasa (26/2/19).

Dalam sambutan Komandan Korem 011/Lilawangsa yang disampaikan oleh Kasrem menyatakan bahwa pangkat dan karier bagi prajurit merupakan suatu kehormatan dan kesejahteraan, yang wajib kita berikan kepada para prajurit, namun dengan adanya kenaikan pangkat dan karier, tentu semakin bertambah tanggung jawabnya. Menurutnya sebelum semua itu diraih, banyak hal yang harus jadi pertimbangan serta berbagai tahapan yang harus dilalui, salah satunya dengan menyelenggarakan sidang pangkar yang merupakan mekanisme dan prosedur penilaian yang objektif harus tetap dilaksanakan.

Lebih lanjut Kepala Seksi Personel Korem 011/Lilawangsa Letkol Inf Zainal Abidin Rambe, S.Sos dalam sidang tersebut menyampaikan, sidang UKP yang dilaksanakan ini bertujuan untuk mengetahui dari berbagai aspek yang merupakan persyaratan menyangkut kenaikan pangkat prajurit tersebut layak atau tidaknya untuk diusulkan ke Komando Atas, dan persyaratan Nilai garjas mengikuti nilai garjas yg terbaru, sesuai dasar ST Pangdam IM No.ST/75/2019 tanggal 11/01/2019, dengan nilai garjas A di tambah garjas B di bagi 2 minimal 51,nilai peraitem minimal 41,melaksanakan renang dasar dan hanya bersifat pengambilan data.

Selain itu personel militer harus lulus tes kesamaptaan jasmani. Lulus tes jasmani belum cukup untuk seseorang diusulkan naik pangkat, akan tetapi masih ada seleksi berikutnya, diantaranya adalah uji terampil perorangan (UTP) umum dan UTP jabatan. Setelah lulus tes inipun  belum menjamin untuk diusulkan naik pangkat, masih ada data kepribadian atau data penilaian personel yang harus dinilai.

Dalam sidang Pankar tersebut dihadiri oleh Kasrem, para Kasi Korem 011/Lilawangsa, para Komandan Kodim dan Komandan Dinas Jawatan jajaran Korem 011/Lilawangsa dan para Kepala staf khusus Korem 011/Lilawangsa ini melakukan sidang terhadap 427 orang prajurit terdiri dari 4 orang Perwira, 219 orang Bintara, 196 orang Tamtama dan 8 orang UKP Penghargaan yang akan di-UKP pada periode 1 Oktober 2019 mendatang.