Dandim 0101/BS Buka Kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter TW I TA 2019

Banda Aceh – Komandan Kodim (Dandim) 0101/BS Letnan Kolonel Inf Hasandi Lubis, S.I.P membuka langsung kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial (Biansiap Apwil dan Puanter) TW I TA 2019.

Kegiatan tersebut di ikuti para Danramil dan Babinsa jajaran Kodim 0101/BS, bertempat di Aula Makodim 0101/BS Jalan S.T.A Mahmudsyah Nomor 32 Gampong Baro Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh, Rabu (6/3/19).

Dalam amanatnya Dandim 0101/BS Letnan Kolonel Inf Hasandi Lubis menyampaikan, bahwa kegiatan ini sudah terprogram dalam setahun di setiap Triwulannya, maka dari itu, ikuti setiap kegiatannya supaya Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil) memiliki kesamaan langkah dalam menjalankan tugas Teritorial baik tingkat perorangan maupuan satuan.

“Walaupun sudah sering dilaksanakan, namun kita jangan pernah bosan menerima mengikutinya, karena kalau tidak kita ingat-ingat akan mudah hilang dengan sendirinya,” tutur Dandim.

Melalui kegiatan ini, Dandim berharap dapat meningkatkan kesiapan satuan melalui penguatan nilai dasar dan karakter tipologi wilayah Kodim 0101/BS, serta dapat memetakan kerawanan, mencegah dan mendeteksi peramasalahan yang muncul di wilayah binaannya.

“Kita harus mengerti situasi wilayah, seperti jika angin sedang kuat, maka kita harus cepat koordinasi dengan aparat pemerintah supaya kalau ada nelayan yang mau melaut bisa lebih berhati-hati, sehingga tidak ada korban jiwa saat melaut,” jelasnya.

Diakhir amanatnya Dandim menekankan kepada seluruh prajuritnya sebagai Apkowil harus memiliki lima Kemampuan Teritorial (Puanter) agar setiap permasalahan yang terjadi di wilayah bisa cepat di atasi se dini mungkin.

“Kita harus memiliki lima kemampuan teritorial, supaya setiap permasalahan yang terjadi di wilayah, bisa cepat kita cegah dini sehingga hal tersebut dapat kita atasi se dini mungkin,” pungkas Letkol Inf Hasandi Lubis, S.I.P.