TNI – Polri Padamkan Lahan Warga yang Dibakar

Aceh Jaya – Personil TNI Koramil 03/Lageun Kodim 0114/Aceh Jaya bersama Personil Polsek Setia Bakti melakukan pemadaman lahan warga yang dibakar di Desa Sawang Kecamatan Setia Bakti, Aceh Jaya, Rabu (27/3/2019).

Lahan yang diperkirakan seluas 400 meter persegi milik Bapak Ruslan ( 48 ) yang berlamat di Desa Lhok Geulumpang, Setia Bakti.

Rencananya lahan tersebut akan dimanfaatkan untuk berkebun cabai, tetapi karena dikhawatirkan api membesar dan terjadi kebakaran yang lebih luas ( Karhutla )  maka atas kesepakatan bersama api tersebut dipadamkan dan lahan akan dibersihkan dengan cara tidak dibakar.

Pantauan di lokasi Personil TNI/Polri bersama pemilik lahan melakukan pemadaman api.

“ Benar kita lakukan pemadaman lahan warga yang sedang dibakar oleh pemiliknya yang berencana memanfaatkan lahan tersebut untuk kebun cabai. Kita mengantisipasi agar tidak terjadi kebakaran yang lebih luas. Kita menyarankan kepada pemilik lahan agar pembukaan lahan tersebut dengan cara dibersihkan tanpa melakukan pembakaran, “ ungkap Serka Joko Personil TNI Koramil 03/Lageun.

Sebagaimana diketahui Kodim 0114/Aceh Jaya sangat gencar melakukan upaya pencegahan kebakaran di wilayah Kabupaten Aceh Jaya. Berbagai langkah telah dilakukan seperti patroli Karhuta setiap hari serta sosialisasi.