Dandodiklatpur Rindam IM Pimpin Apel Gelar Kesiapan Yuddhawastu Pramukha Jaya

Pidie – Komandan Depo Pendidikan dan Latihan Pertempuran (Dandodiklatpur) Rindam Iskandar Muda Letkol Inf Mustofa Akbar M, SE. M.I.POL memimpin Apel Gelar kesiapan latihan Yuddhawastu Pramukha Jaya (YWPJ) Bintara Siswa Pendidikan Kejuruan Infanteri Abituren Pendidikan Pertama Secaba TNI AD TA. 2018 (OV)  di lapangan upacara Mako Dodiklatpur Rindam IM, Tiro Kabupaten Pidie. Kamis (9/5/19).

Apel gelar kesiapan tersebut bertujuan untuk mengecek dan mengetahui kesiapan seluruh perangkat latihan yang ada, mulai dari kesiapan pelaku (Siswa Dikjurbaif), pelatih, pendukung, peralatan dan perlengkapan serta sarana pendukung lainnya, sehingga diharapkan pelaksanaan latihan dapat berjalan sesuai dengan target yang telah digariskan oleh Komando Atas.

Latihan Yuddhawastu Pramuka Jaya diikuti sebanyak 106 orang Bintara Siswa dan 40 orang pelatih dan pendukung. Latihan akan dilaksanakan selama 24 hari yang terbagi menjadi empat tahap latihan antara lain  Tahap Basis, Tahap Hutan Gunung, Tahap Long Mars dan Tahap Larasuntai.

“Seluruh bintara siswa akan menjalani latihan aplikasi mulai tahap basis, hutan gunung, long mars dan tahap larasuntai selama 24 hari”, terang Dandodiklatpur Letkol Inf Mustofa Akbar M, SE. M.I.POL.

Latihan YWPJ dilaksanakan dengan tujuan untuk melatih Bintara Siswa supaya bisa mengaplikasikan semua materi pelajaran yang telah diterima selama mengikuti pelajaran di Dodiklatpur Rindam IM di medan latihan atau medan sesungguhnya dengan pengawasan ketat para pelatih.

Latihan ini merupakan tahapan penting bagi seorang Bintara yang akan menjadi unsur pimpinan komandan paling bawah atau komandan regu sebagai bekal dalam melaksanakan latihan-latihan atau tugas operasi di satuan nanti dengan memimpin sembilan orang (Tamtama) anggotanya. Komandan Regu atau Bintara merupakan tulang punggung satuan yang memiliki tugas pokok tingakat bawah.

Puncak dari latihan YWPJ adalah tahap Long Mars dengan jarak 170 KM, dimulai start dari Mako Dodiklatpur Rindam IM Tiro, Gampong Dayah Cot Kecamatan Tiro/Truseb Pidie menuju daerah latihan Larasuntai di Ujong Batee Kecamatan Mesjid Raya Aceh Besar. Seluruh Bintara Siswa akan berjalan kaki selama 5 hari dengan waktu yang telah ditentukan harus sudah masuk finis atau melapor kepada pelatih.

Diakhir pengarahannya, Dandodiklatpur Letkol Inf Mustofa Akbar M, SE. M.I.POL. berpesan kepada seluruh pelaku maupun pelatih untuk selalu mengutamakan faktor keamanan dalam setiap latihan, jaga kesehatan serta selalu berdoa kepada Allah SWT senantiasa memberikan kelancaran dan keselamatan.

“Dibulan ramadhan ini, semoga latihan nanti menjadi berkah dan amalan ibadah bagi kita, jaga kesehatan, laksanakan latihan dengan penuh semangat, pantang menyerah dan berjiwa ksatria”,  pesan Dandodiklatpur.