Babinsa Arongan Pantau Harga Pupuk dan Benih Subsidi untuk Poktan

Aceh Barat, Babinsa Koramil 08/Arongan Kodim 0105/Aceh Barat, Serma Tegana Ikros melaksanakan pemantauan harga pupuk bersubsidi salah satu toko pertanian Milik Bapak Rahmadan di Desa Teupin Peuraho Kec. Arongan, Jum’at (17/5/19).

Kegiatan ini dilakukan Babinsa guna mengecek ketersediaan Pupuk di Masa Tanam (MT) Gadu tahun ini. Sehingga ketersediaan pupuk subsidi terjamin bagi masyarakat setempat khususnya petani. Serma ikros selaku babinsa juga berpesan kepada penjual untuk menjual pupuk subsidi hanya kepada para petani atau kelompok tani (poktan) dan tidak diperuntukan untuk umum.

“Mengingat harga pupuk subsidi jauh lebih murah sehingga produk tersebut tidak hanya diminati para petani tapi juga masyarakat umum dan di hawatirkan akan merugikan para petani ”, ujar Serma Ikros.

Selain untuk memantau harga dan memastikan ketersediaan pupuk, hal ini juga dilakukan babinsa untuk memastikan bahwa penyaluran pupuk subsidi tepat sasaran. Kegiatan ini tentu disambut baik masyarakat karena di anggap sebagai bentuk kepedulian babinsa kepada para petani.

Diketahui setelah pemantauan tersebut harga pupuk dan benih padi bersubsidi dengan harga diantaranya Pupuk KCL Rp. 700/Kg, Pupuk ZA Rp. 2.000/Kg, Pupuk NPK 2.500/Kg, Benih Padi Serang Rp. 100.000/Sak dan Benih padi Rp. 25.000/bks.