Prajurit Kodim Subulussalam Terima Penyuluhan Hukum dari Kodam IM

Subulussalam – Personil Kodim 0118/Subulussalam bersama Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XLI Dim 0118 Koorcab Rem 012 PD Iskandar Muda menerima penyuluhan hukum  yang disampaikan oleh tim Hukum Kodam (Kundam)  Iskandar Muda.

Kegiatan ini berlangsung di Aula Makodim di Jl. Subulussalam – Sidikalang Desa Kuta Tengah Kecamatan Penanggalan Kota Subulussalam. Rabu(11/9/19).

Komandan Kodim (Dandim) 0118/Subulussalam Letkol Inf Winarko S.Ag, M.Tr(Han)  dalam sambutannya yang diwakili oleh Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0118/Subulussalam Mayor Inf Mochamad Ramdhan SIP, Selamat datang kepada Tim penyuluhan hukum dari Kumdam IM. “Di wilayah Kodim 0118/Subulussalam, kegiatan penyuluhan hukum perlu kita ketahui seperti kegiatan sekarang ini sangat penting untuk kita mengurangi dan meminimalisir pelanggaran hukum”, ungkap Kasdim.

Kasdim juga menjelaskan bahwa situasi di wilayah Kodim 0118/Subulussalam masih kondusif, dan ada beberapa konflik seperti demo tetapi itu semua bisa kita koordinasikan. Dengan kegiatan penyuluhan ini, sebagai satuan Komando kewilayahan sangat penting, karena dalam hal masalah hukum kita belum sepenuhnya tahu, maka dari itu diharapkan kepada seluruh anggota apa yang belum tahu supaya ditanyakan.

Kegiatan penyuluhan hukum ini sangat bermanfaat dan ada beberapa materi penting yang akan disampaikan seperti, penyalahgunaan ITE, KDRT, PDTH,Juknis Schorsing dan beberapa materi lain yang dapat di jadikan acuan oleh seluruh Prajurit Kodim 0118/Subulussalam dalam menjalankan tugas sehari hari”, terangnya.

Sementara itu, tim penyuluhan hukum dari Kumdam IM, Mayor Chk Ari Wibowo SH. , menjelaskan beberapa pelanggaran hukum yang sering terjadi di masyarakat yang berpengaruh terhadap anggota TNI. “pelanggaran hukum yang sering terjadi di lingkungan masyarakat antara lain penyalahgunaan ITE, kekerasan dalam rumah tangga, narkoba,” jelasnya.

Menurutnya, banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang terjerumus dalam pelanggaran hukum. Untuk itu setiap personel diharapkan selalu mawas diri agar terhindar dari pelanggaran yang dapat menjatuhkan nama baik diri sendiri, keluarga, maupun satuan. “Sayangilah keluarga dan hindari perbuatan yang melanggar hukum”, tegas Mayor Ari Wibowo.