TNI/Polri dan Dinas Terkait Lakukan Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan

ACEH SELATAN – Personil gabungan TNI/Polri, Satuan Pamong Praja (Satpol-PP) dan Dinas Perhubungan serta Satgas Covid-19  Kabupaten Aceh Selatan melakukan penegakan disiplin Protokol Kesehatan kegiatan ini berlangsung di Jl. Nasional tepatnya di depan Mesjid Istiqomah Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan, Jum’at (14/08/2020).

Instruksi Presiden (Inpres) Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

“Kegiatan ini digelar seiring dengan terus meningkatnya kasus positif Virus Corona diwilayah Kabupaten Aceh Selatan saat ini.”kata Dandim.

Dandim Aceh Selatan memaparkan, para pengendara yang melintas apabila ditemukan tidak mengenakan masker, maka akan diberhentikan dan dicatat identitasnya oleh petugas, setelah itu diberikan peringatan berupa teguran membersihkan halaman Mesjid setempat.

Kemudian, setelah teguran itu dilaksanakan, selanjutnya masyarakat yang kedapatan tidak menggunakan masker itu diberikan edukasi terkait kedisiplinan protokol kesehatan, selanjutnya diberikan masker kepada warga tersebut agar kedepanya selalu memakainya pada setiap berada diluar rumah.

Lebih lanjut, Dandim menambahkan, kegiatan tersebut bertujuan guna memberikan penekanan terkait kepatuhan, kedisiplinan serta kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjalankan anjuran protokol kesehatan dengan tetap memakai masker.

“Hal ini juga merupakan arahan dan upaya kita terhadap penegakan penerapan disiplinan protokol kesehatan khususnya diwilayah aceh selatan.”papar Dandim.

“Kegiatan penegakan disiplin memakai masker ini akan terus dilakukan hingga masyarakat memiliki kesadaran menjalankan protokol kesehatan secara maksimal demi menjaga kesehatan diri, keluarga dan lingkungan dari penyebaran virus corona.”imbuh Dandim.

Saat ini, sambung Dandim, masyarakat harus dapat beradaptasi dengan kebiasaan baru dimasa pandemi Covid-19.

“Penyebaran dan penularan virus corona ini belum berakhir. Untuk itu kita harus dapat beradaptasi dimasa pandemi ini dengan cara merubah pola hidup sehat. Seperti selalu memakai masker saat diluar rumah, rajin cuci tangan, jaga jarak ketika ditempat keramaian dan makan makanan yang bergizi.

Mudah-mudahan, dengan kedisiplinan yang tiada hentinya. Kita semua dapat melawan virus corona ini. tutup Dandim.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni Bupati Aceh Selatan yang diwakili oleh Asisten I Erwiandi, S. Sos. M. Si, Kapolres Aceh Selatan AKBP Ardianto Nugroho, Pasi Intel Kodim Kapten Arm Tajuddin, Kasat Pol PP san WH, Diky Ichwan, S. STP, Kabid Darat Dinas perhubungan Aceh Selatan, Sukair, SE.