Kasdam IM Tutup Program TMMD Reguler Ke-109 Kodim 0102/Pidie

Pidie – Kepala Staf Kodam Iskandar Muda (Kasdam IM), Brigjen TNI Joko Purwo Putranto, M.Sc., menutup Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-109 Kodim 0102/Pidie Tahun Anggaran 2020 di Desa Pulo Hagu, Kecamatan Padang Tiji, Kabupaten Pidie, Rabu (21/10/2020).

Dansatgas TMMD Dandim 0102/Pidie, Letkol Arh Tengku Sony Sonata menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada bupati, instansi terkait dan khususnya kepada masyarakat yang telah bahu-membahu bersama prajurit TNI, mewujudkan pembangunan daerah yang menjadi sasaran pelaksanaan.

“Mohon maaf apabila selama kegiatan TMMD ini terdapat perilaku atau tutur kata prajurit saya yang kurang berkenan di hati masyarakat. Kepada prajurit TMMD agar memperhatikan faktor keamanan saat kembali ke induk pasukan, jadikanlah momen kegiatan TMMD ini sebagai pelajaran dan pengalaman,” ujar Dandim 0102/Pidie.

Bupati Pidie yang diwakili Sekrataris Daerah (Sekda), H Idhami, menjelaskan harmonisasi antara TNI, Polri, pemerintah daerah, dan rakyat harus terus dipelihara.

Pasalnya, kata dia, tanpa adanya persatuan dan kesatuan antara empat komponen itu, negara akan rapuh. Oleh sebab itu, dengan adanya TMMD, akan menjadi benteng yang kuat dalam menjaga keutuhan NKRI dan pemberdayaan masyarakat.

“Pemerintah Kabupaten Pidie mengucapkan terima kasih kepada Dandim 0102/Pidie, beserta seluruh personelnya dan juga kepada tim dari pemerintah daerah, yang telah bekerja keras dalam penyelenggaraan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat ini. Terima kasih juga kepada seluruh masyarakat Pidie, khususnya masyarakat Padang Tiji, yang telah membantu tugas-tugas aparat TNI dalam kegiatan TMMD ini,” ujarnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Kasdam IM menyampaikan di wilayah Kodim 0102/Pidie, Kodam IM telah menyelesaikan sasaran fisik berupa pembukaan jalan baru sepanjang 3,5 kilometer, peningkatan dan pelebaran badan jalan sepanjang 8 kilometer, pembangunan gorong-gorong sebanyak 8 unit, dan pembuatan jembatan 1 unit dan rehab rumah tidak layak huni 2 unit.

Selain sasaran fisik, Kodam IM juga menyelenggarakan sasaran non-fisik berupa penyuluhan pertanian, kesehatan, keluarga berencana, Kamtibmas, kehutanan, hukum, bela negara, bahaya narkoba, terorisme dan paham radikal. Kegiatan non-fisik ini bertujuan untuk membangun dan memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat.

“Saya selaku Pengendali Kegiatan Operasional (PKO) TMMD menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak, terutama pemerintah daerah dan masyarakat, atas segala dukungannya, sehingga TMMD ini dapat berjalan lancar dan mencapai target yang diharapkan,” ujar Kasdam IM.

Kasdam IM berpesan agar anggota Satgas TMMD serta masyarakat terus menjaga kebersamaan, sekaligus kemanunggalan antara TNI dengan rakyat guna mengembangkan potensi daerah di wilayah masing-masing dan pelihara hasil karya program TMMD ini dengan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan masyarakat.

“Teruslah membangun diri pribadi kita sebagai agen-agen pembangunan, yang menyebarkan energi-energi positif bagi lingkungan, agar kita menjadi masyarakat yang maju dan berbudaya luhur. Mari kita bersinergi membangun Aceh yang damai, bangkit dan maju,” pungkas Kasdam IM sembari menutup acara secara resmi.

Usai menutup kegiatan, Kasdam IM menyaksikan penandatanganan dan penyerahan berita acara hasil pekerjaan Program TMMD Reguler Ke-109 yang dilakukan Dandim 0102/Pidie kepada Pemerintah Kabupaten Pidie yang diwakili Sekda, H Idhami dan penyerahan sarana kontak.

Terakhir, kegiatan ini ditutup dengan peninjauan lokasi sasaran hasil program TMMD Ke-109 Kodim 0102/Pidie di Desa Pulo Hagu, Kecamatan Padang Tiji, Kabupaten Pidie.

Turut hadir dalam acara ini, Asrendam IM, Aslog Kasdam IM, Aster Kasdam IM, Kapendam IM, Kasrem 011/LW, Kapolres Pidie, para Kepala SKPK Pidie, dan para tamu undangan lainnya.