Membina dan Uji Kemampuan Prajurit, Kodim 0107/Aceh Selatan Laksanakan Garjas Periodik II

Aceh Selatan – Prajurit Kodim 0107/Aceh Selatan melaksanakan Tes Kesegaran Jasmani Periodik II TA 2020 yang berlangsung di Lapangan Naga Tapaktuan Desa Lhok Bengkuang Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan, Selasa (10/11/2020).

Kegiatan Tes Kesemaptaan tersebut di ikuti oleh seluruh personil Kodim 0107/Aceh Selatan dengan tetap mengikuti anjuran Protokol Kesehatan Covid-19 yakni tidak berkumpul dengan jumlah banyak, memakai masker dan tetap menjaga jarak.

Adapun pelaksanannya, meliputi Tes Kesegaran “A” yaitu lari selama 12 menit dan Tes Kesegaran “B” yaitu Pull Up, Sit Up, Push Up dan Longhes durasi 1menit serta Shuttle Run dan dilanjutkan Tes ketangkasan Renang gaya Dada dengan jarak 50 meter dan langsung di awasi oleh Tim Jas Militer Korem 012/Teuku Umar.

Dandim 0107/Aceh Selatan Letnan Kolonel Inf R Sulistiya Herlambang HB  melalui Perwira Seksi Personil (Pasipers) Kapten Inf Panarimo mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk membina dan meningkatkan kemampuan Prajurit Kodim 0107/Aceh Selatan guna mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI AD.

Harapannya, melalui Tes Garjas Periodik II ini kita dapat mengukur kemampuan jasmani prajurit,  Apakah ada peningkatan atau sebaliknya mengalami penurunan. Apabila jasmani prajurit meningkat harus dipertahankan akan tetapi apabila jasmani prajurit menurun perlu diadakan pembinaan fisik secara ekstra disatuan.

Dalam pelaksanaannya,  sebut Pasipers, seluruh prajurit dengan sungguh-sungguh dan menjalankan secara maksimal agar hasilnya sesuai yang di harapkan.

Lebih lanjut, Pasipers menyampaiakan, dalam pelaksanaan Tes Samapta tersebut, para prajurit perorangan akan diambil data nilainya, terutama  bagi prajurit yang akan UKP, sebagai data nilai awalnya.

“Apabila ada prajurit yang belum mencapai nilai yang sudah ditetapkan dalam kategori lulus, nantinya prajurit tersebut akan dibina dan diberikan pelatihan sampai mencapai nilai yang diharapkan.”tutup Pasipers.