Gelar Komunikasi Sosial (Komsos) Bersama KBT, Ini Pesan Dandim 0119/BM

Redelong – Kodim 0119/BM Gelar Komsos dalam rangka silaturahmi bersama Keluarga Besar TNI (KBT). Yaitu Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), Persatuan Purnawirawan dan warakawuri Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Pepabri), Pemuda Panca Marga (PPM), Himpunan Putra Putri Keluarga Angkatan Darat (HIPAKAD) dan Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan TNI-Polri (FKPPI).

Dengan mengusung tema โ€œAksi Nyata Bela Negara Keluarga Besar TNI Di Era Kekinianโ€.

Acara Komunikasi Sosial dilaksanakan di Aula Makodim 0119/BM Jl. Jalur Dua Pacuan Kuda Wonosobo, Wih Pesan, Bener Meriah. Rabu (25/11/2020).

Acara tersebut dihadiri oleh Kasdim 0119/BM Mayor Inf M. Indra Syahputra, para Pasi dan para Danramil jajaran Kodim 0119/BM, pengurus FKPPI dan pengurus HIPAKAD bersama anggota dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Dalam sambutannya Dandim 0119/BM Letkol Inf Valyan Tatyunis yang diwakili Kasdim Mayor Inf M. Indra Syahputra menyampaikan, maksud dan tujuan kehadiran FKPPI dan Putra/Putri Angkatan Darat di tempat ini untuk bersilaturahmi dalam menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan antar Keluarga Besar TNI yang ada di wilayah Kodim 0119/BM.

Sebagaimana diketahui bersama, Sistem Pertahanan Semesta (Sishanta) yang diterapkan di Negara Indonesia bertumpu pada kekuatan TNI sebagai komponen utama serta sumber daya nasional sebagai komponen cadangan dan komponen pendukung.

Definisi dariย bela negaraย adalah sikap dan perilaku wargaย negaraย yang dijiwai oleh kecintaannya kepadaย Negaraย Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa danย negaraย yang seutuhnya.

Undang Undangย Dasarย Tahun 1945, Pasal 27 ayat (3) mengamanatkan bahwa โ€œSetiap wargaย negaraย berhak dan wajib ikut serta dalam upayaย pembelaan negaraโ€.

Pasal 30 ayat (1) mengamanatkan bahwa โ€œTiap-tiap wargaย negaraย berhak dan wajib ikut serta dalam usha pertahanan dan keamananย negara”

Menguatkan rasa kesatuan dan persatuan antara KBT sangat penting dalam menghadapi berbagai tantangan yang saat ini tengah dihadapi masyarakat.

โ€œKita selaku warga negara Indonesiaย  ikut serta dalam membantu pemerintah, baik itu yang terjadi di negara kita yang sedang trend tentang wabah covid-19, sehingga kita harus memberi contoh untuk mematuhi protokol kesehatan, selalu pakai masker di saat kita keluar dari rumah dan jangan lupa mecuci tangan,โ€ujar Kasdim.