Kodim Aceh Jaya Kumpulkan 111 Kantong Darah

Calang – Kodim 0114/Aceh Jaya menyelenggarakan kegiatan Bakti Sosial berupa donor darah dan rapid test gratis di Makodim setempat, Desa Bahagia Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya, Selasa (08/12/2020).

Pelaksanaan donor darah dan rapid test tersebut bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Jaya dan PMI Kota Banda Aceh.

Amatan di lokasi ratusan pendonor hadir dalam kegiatan kemanusiaan tersebut yang terdiri dari TNI/Polri, PNS dan masyarakat Kabupaten Aceh Jaya.

Total darah yang terkumpul dalam kegiatan donor darah tersebut sebanyak 111 kantong darah sementara warga yang mengikuti rapid test gratis untuk mendektesi Covid-19 sebanyak 40 orang.

Komandan Kodim 0114/Aceh Jaya Letkol CZI Arief Hidayat turut menyumbangkan darahnya dalam kegiatan tersebut.

Dandim mengatakan bahwa kegiatan donor darah ini dilakukan dalam rangka Hari Juang TNI AD tahun 2020, Dandim juga berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan secara rutin untuk membantu memenuhi kebutuhan darah di PMI Kota Banda Aceh

“ Alhamdulillah untuk kesekian kalinya kita melakukan donor darah, namun untuk donor darah kali ini kita lakukan secara khusus untuk memperingati Hari Juang Kartika ( Hari Juang TNI AD). Kedepan kegiatan seperti ini akan kita laksanakan secara rutin untuk kepentingan masyarakat terutama untuk yang membutuhkan darah. Dalam kondisi Covid-19 saat ini bilamana rumah sakit membutuhkan terdapat ketersediaan stok darah yang mencukupi, ” kata Dandim.

Dandim juga menjelasakan bahwa pihaknya menyelenggarakan rapid test yang dibantu oleh TNI AD untuk menerapkan Protokol Kesehatan dan meyakinkan tidak ada peserta donor yang terpapar Covid-19.

“ Kita mendapatkan dukungan rapid test dari TNI AD, kegiatan rapid test ini kita laksanakan di sela-sela kegiatan donor darah untuk memastikan kegiatan donor darah ini tetap menerapkan Protokol Kesehatan dan menyakinkan tidak ada diantara kita yang terpapar Covid-19,” jelas Dandim.

Sementara itu Sekretaris PMI Kota Banda Aceh Didi yang turut hadir menyampaikan bahwa darah yang terkumpul mencapai 111 kantong. Mewakili PMI Banda Aceh dirinya mengucapkan terima kasih atas kerja sama ini dan berharap dapat dilanjutkan dimasa mendatang.

“ Pada hari ini kita telah mengumpulkan 111 kantong dari pendonor, hasil yang kita dapatkan hari ini sangat maksimal dan luar biasa berkat partisipasi Dandim Aceh Jaya dan jajaran serta relawan dan pendonor. Kami tidak dapat berbuat tanpa kerja sama yang baik ini. Kami dari PMI Kota Banda Aceh mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0114/Aceh Jaya dan semoga kerja sama ini terus berlanjut, “ ucap Didi.

Didi pada kesempatan ini juga menyampaikan bahwa masyarakat dapat mencari info ketersediaan darah di PMI Kota Banda Aceh dengan menghubungi Call Center 08116815800. Dirinya juga membantah sejumlah isu yang menyebut PMI Kota Banda Aceh menjual darah pendonor.

“ Untuk mendaptkan informasi darah yang jelas silahkan menghubungi call canter 08116815800 . Karena masih ada masyarakat yang menduga PMI menjual darah, kami tidak pernah menjual darah. Walaupun dalam keadaan Covid-19 kita tetap memenuhi kebutuhan darah bagi pasien,” tutup Didi.