Cegah Serangan Hama, Babinsa Dan Petani Bersinergi Semprot Tanaman Padi

ABDYA – Dalam budidaya tanaman padi, maka tidak akan terlepas dari ancaman hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman tersebut, serangan hama dan penyakit apabila dalam pengendaliannya kurang tepat maka dapat menurunkan produktivitas dari tanaman padi yang pastinya akan mengalami kerugian.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 01/Blangpidie Kopda M Nasir mandampingi dan membantu petani dalam penyemprotan tanaman Padi milik petani yang ada diwilayah binaan, Desa Panton Raya, Kecamatan Blangpidie, Sabtu (26/12/2020).

Penyemprotan ini untuk mengantisipasi hama ulat maupun wereng, selain itu juga untuk memberikan kesuburan terhadap batang padi serta menghilangkan rumput yang bakal tumbuh di sekitar tanaman padi.

Kopda M Nasir pada kesempatan tersebut mengatakan,” Sebagai seorang petani diperlukan pengetahuan untuk bisa mengenal jenis-jenis hama dan penyakit tanaman padi agar petani mampu mengidentifikasi dan menerapkan pengendalian secara tepat, cepat, dan akurat, dengan terkendalinya serangan hama dan penyakit, maka tujuan dari kegiatan budidaya akan tercapai.

Usai turun ke sawah menyemprot Hama, Kopda Nasir mengajak para petani di untuk terus meningkatkan produksi Padi dengan cara saling bekerjasama antara PPL dan Babinsa selaku petugas pendamping pertanian.

keberhasilan dalam pertanian akan berdampak positif bagi kehidupan masyarakat, dengan begitu masyarakat akan terpenuhi persediaan pangan dan kesejahteraan masyarakat akan terjamin,” Ujar Babinsa