Babinsa Koramil 06/Darul Makmur bantu Petani bersihkan rumput Pengganggu petumbuhan Jagung

Nagan Raya, Personel Babinsa Koramil 06/Darul Makmur Kodim 0116/Nagan Raya Serda Marjuki melaksanakan kegiatan pendampingan Hanpangan membantu membersihkan rumput liar pada tanaman jagung milik Pak Yatno dengan dengan luas lahan 5 rante di Desa Suka Raja, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Selasa (06/04/21).

Kegiatan seperti ini sangat disambut baik petani, hal ini terlihat dari antusias petani dalam membersihkan rumput dan menyulami tanaman jagung yang tidak tumbuh terlihat sangat semangat walupun panas matahari sangatlah terik dan menyengat badan.

Dengan adanya kegiatan itu tanaman jagung yang ditanam akan tumbuh dengan maksimal dan hasil yang akan dicapai petani pun akan meningkat. Hal ini tidak boleh lepas dari pengawasan Babinsa dan PPL karena dengan adanya pendamping petani maka segala kendala yang dihadapi petani di lapangan akan terpecahkan. Gulma adalah sejenis rumput atau tanaman liar yang tumbuh pada persawahan, biasanya gulma banyak tumbuh subur pada sela-sela atau di antara tanaman padi atau jagung.

Keberadaan gulma ini menjadi gangguan pada tanaman jagung, tanaman menjadi tidak dapat menghasilkan secara maksimal.

Petani biasanya mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk melakukan penanggulangann dan penyiangan gulma, dengan adanya Babinsa yang turun tangan membuat para petani tersenyum bahagia.

Bapak Tatno selaku pemilik lahan menyampaikan sangat berterimakasih kepada babinsa dimana selama ini selalu mendapingi petani pada setiap kegiatan di berbagai pertanian ucapnya.