Tak Melupakan Sejarah, Dandim 0102/Pidie Menyempatkan Waktu Berziarah Ke Makam Pejuang Aceh

Oleh

Pidie - Jasmerah (Jangan sekali-kali melupakan sejarah), begitulah yang dilakukan Dandim 0102/Pidie, Letkol Arh Tengku Sony Sonatha SE, M.I.P didampingi Danramil 10/Glp Tiga Kapten Inf Nazaruddin dan Pasiter Kodim 0102/Pidie Kapten Kav Ilham P. Siregar disela-sela kesibukannya bersedia meluangkan waktu untuk Ziarah kesalah satu makam pejuang Aceh yakni makam Teungku Imum Lueng Bata, di daerah Geulumpang Minyeuk Kabupaten Pidie. Kamis (08/04/2021).

Menurut sejarah, Teungku Imum Lueng Bata atau sering juga dikenal dengan Teuku Nyak Raja adalah seorang Sniper yang berhasil menembak tepat di jantung Jendral Kohler dan menewaskan Jendral tersebut, kejadian tersebut terjadi disekitaran Masjid Raya pada tahun 1873.

Menurut cerita masyarakat. Pada saat kejadian, jarak Teungku Imum Lueng Bata dengan Kohler hanya berjarak 100 meter dan menembak dengan senjata seadanya. Pada saat peluru menembus dadanya, Kohler sempat berucap, “Oh God ik ben getroffen (Oh Tuhan Aku Kena)”.

Saat ditemui Dandim mengatakan. Kita sebagai generasi penerus wajib mengingat perjuangan para pendahulu kita. "Negara yang maju, ialah Negara yang tidak melupakan sejarahnya," terang Dandim.

Ia menambahkan, dengan melakukan ziarah kemakam pejuang, diharapkan kita selalu cinta akan tanah air kita, karna perjuangan para pendahulu kita lebih berat dari perjuangan kita saat ini.

"Di era saat ini, tugas kita adalah meneruskan perjuangan dengan melakukan pembangunan nyata yang bertujuan untuk mensejahterakan perekonomian dan meningkatkan spiritual," tegas Dandim.

Komentar

Loading...