Pangdam IM Memimpin Karya Bhakti Penanaman Pohon di Dsn. Pasi Leuhan Kec. Johan Pahlawan, Kab. Aceh Barat.

 

Meulaboh – Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM), Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P, melaksanakan acara Penanaman Pohon di Dsn. Pasi Leuhan, Ds. Leuhan, Kec. Johan Pahlawan, Kab. Aceh Barat. pada Sabtu (09/12/23).

Dalam sambutannya Pangdam IM menyampaikan bahwa kegiatan penanaman pohon ini adalah momentum penting bagi kita semua dalam Upaya Pencegahan Bencana Alam. Kita berkumpul di sini dalam semangat Gotong Royong untuk melaksanakan Karya Bhakti Penanaman Pohon, sebuah langkah proaktif yang menjadi bagian dari komitmen kita untuk melindungi lingkungan di wilayah Provinsi Aceh khususnya wilayah Aceh Barat.

Pangdam IM menyampaikan pohon sangat berperan penting bagi kehidupan, yang mampu menyelamatkan Bumi dari Pemanasan Global. Salah satu manfaat terbesar dari pohon adalah menghasilkan oksigen yang dibutuhkan oleh seluruh makhluk hidup. Penanaman pohon juga berfungsi untuk mencegah banjir dan longsor saat musim hujan, serta mencegah kebakaran, kekeringan saat musim kemarau.

Pangdam IM juga menuturkan, Indonesia merupakan Negara dengan potensi air yang besar. Potensi air dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan seperti sumber air minum, irigasi, industri, pembangkit listrik, dan perikanan. Tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan air semakin berat dari waktu ke waktu. Salah satu penyebabnya adalah kekeringan dan banjir yang tidak terkendali. Berbagai kegiatan penyelamatan air telah dilakukan termasuk penghijauan dengan melakukan penanaman pohon.

Mayjen TNI Novi Helmy menambahkan bahwa menanam pohon juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan. Udara yang bersih dan sejuk yang dihasilkan oleh pepohonan dapat membantu mengurangi polusi udara dan meningkatkan kualitas udara yang kita hirup. Disamping itu, menanam pohon juga dapat membantu mengurangi suhu udara, sehingga menjadi lebih nyaman dan sehat.

Pada kesempatan tersebut telah ditanam 100 pohon dari 1000 pohon yang akan ditanam. Jenis-jenis pohon yang ditanam diantaranya pohon Pala, Rambutnya, Nangka dan pohon Gelodok Tiang. Selain itu, Pangdam IM menyempatkan untuk memberikan bantuan sosial bagi warga masyarakat sekitar lokasi karya Bhakti penanaman pohon tersebut.

Diakhir sambutannya, Pangdam IM menyampaikan bahwa menanam pohon adalah salah satu langkah kecil yang dapat kita lakukan untuk membantu menjaga dan memperbaiki kelestarian alam dan lingkungan hidup. Pangdam IM mengajak untuk bersama-sama melakukan aksi nyata dengan menanam pohon di lingkungan sekitar, sehingga dapat memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan masyarakat.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah Iskandar Muda, Kapok Sahli Pangdam IM, Danrem 012/TU, Pa Sahli Bid Ekonomi, para Pejabat Utama Kodam IM, para Kabalakdam IM, Forkopimda Kab. Aceh Barat, para Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, LSM, FKPPI, Direktur ASN, serta para tamu undangan.