indeks

Tausyiah Ramadhan, Dandim ajak Anggota Belajar Dari Kisah Ali Bin Abi Thalib

 

ACEH UTARA. Memasuki malam kedua bulan Ramadhan 1445 H, Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Kav Makhyar S.T.,M.M.,M.H.I., memberikan Tausyiah Ramadhan usai melaksanakan Sholat Isya sebelum dilanjutkan sholat Tarawih kepada anggota dan persit di Musholla An-nur Makodim 0103/Aceh Utara, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Selasa malam (12/03/2024).

Mengawali ceramahnya Dandim 0103/Aceh Utara mengucapkan selamat menunaikan ibadah Puasa Ramadhan tahun 1445 H/2024 M. semoga puasa kali ini akan mampu menjadikan kita manusia-manusia yang beriman dan bertaqwa sebagai mana janji Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 183, yang artinya “hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa”.

Jangan sia siakan bulan yang baik ini, mari perbanyak ibadah kepada Allah. Salah satunya, perbanyaklah sedekah pada orang yang tidak mampu, tidak akan membuat kita menjadi miskin dan kekurangan harta. Sebab, rezeki setiap orang telah diatur sedemikian rupa oleh Allah SWT. Sehingga kita tidak perlu khawatir akan kekurangan rezeki jika sedikit memberi. Alih-alih mengurangi, sedekah justru akan membuat harta orang yang memberi menjadi banyak.

Belajar dari kisah sahabat Nabi Muhammad Saw, Sayidina Ali Bin Abi Thalib. Pada suatu ketika Fatimah Azzahra istri dari Ali sakit menginginkan Buah Delima, dengan kondisi Ali bin abi Thalib tidak mempuyai uang sedikitpun, dengan rasa gundah Ali pun pergi keluar rumah untuk mencari dan meminjam 1 dirham untuk membeli satu buah delima yang diinginkan Fatimah RA.

Setelah membeli buah delima Ali pun kembali, namun di tengah perjalanan ali bertemu seseorang yang sangat membutuhkan bantuan yang selama lima hari tidak makan, dalam seketika itu juga Ali tanpa ragu membantu memberikan setengah dari buah delima tersebut untuk dimakan oleh orang tersebut.

Begitu sampai dirumah Ali menceritakan kepada istrinya yang sudah seketika sembuh dari sakitnya, sehingga Fatimah pun sangat terharu apa yg dilakukan Ali, pada saat itu juga datang Salman Alfarisi berkunjung kerumah mereka dengan membawa 10 buah delima, betapa terkejutnya dan bersyukurnya Ali, ketika Allah Langsung membalas sedekahnya 10x lipat. Sebagai mana yang sudah di jelaskan dalam Surat Al an’am ayat 160, “Siapa yang berbuat kebaikan, dia akan mendapat balasan sepuluh kali lipatnya. Siapa yang berbuat keburukan, dia tidak akan diberi balasan melainkan yang seimbang dengannya. Mereka (sedikit pun) tidak dizalimi (dirugikan)”.

“Mari kita ambil hikmah dari sebuah kisah tersebut, sungguh besar dan mulia, dari sedekah Allah Swt akan membalas baik didunia maupun di akhirat”, tutup Dandim.

Exit mobile version