Babinsa Terjun ke Sawah Bantu Petani Penyiangan Rumput

 

Kutacane — Babinsa Koramil 0108-04/Babussalam Sertu Halpiansyah jajaran Kodim 0108/Agara membatu warga desa binaan membersikan gulma padi milik pak RusIan terutung pedi kec,Babussalam Kab, Aceh Tenggara, Jumat (22/03/24).

Sertu Halpiansyah menyampaikan,” Dengan semangat dan tidak ada rasa ragu Babinsa bersama petani mencabuti rumput secara tradisional yaitu dengan menggunakan tangan agar tidak merusak tanaman padi, sehingga tanaman bisa tumbuh normal.

Gulma ataupun rumput liar menjadi salah satu kendala petani padi sehingga keberadaan gulma mengganggu tanaman padi pada masa pertumbuhan, sehingga petani perlu melakukan penyiangan ataupun penyemprotan dengan herbisida. ujarnya.

Rumput di sekeliling tanaman padi jika dibiarkan akan mengganggu kesuburan padi bahkan lama kelamaan rumput akan menutupi tanaman padi, yang akhirnya akan membuat padi menjadi kurang sehat dan bahkan bisa mati.untuk itulah diperlukan proses penyiangan rumput agar tanaman padi tetap bisa tumbuh subur, tutupnya.

Bapak Ruslan pemilik sawah menyampaikan ucapan terima kasih kepada pak Babinsa yang sudah membantu kami dalam penyiagan gulma padi ini sehingga pekerjaan kami cepay terselesaikan.ujarnya.

(Pendim Agara).