MELON MERLIN JUMBO, PRODUK UNGGULAN KETAHANAN PANGAN YONARHANUD 5/CSBY

Pulo Rungkom – Batalyon Arhanud 5/CSBY melaksanakan panen Melon jenis Merlin Jumbo yang ditanam di lahan kosong belakang Garasi Timhar Yonarhanud 5/CSBY. Panen kali ini terbilang istimewa karena jatuh pada bulan suci Ramadhan. Tanaman melon ini juga menjadi produk unggulan dari program ketahanan pangan yang dilaksanakan oleh satuan serta hasilnya dapat dimanfaatkan oleh prajurit Yonarhanud 5/CSBY dan masyarakat sekitar.

“Lahan kosong di belakang Garasi Timhar Yonarhanud 5/CSBY ini kita manfaatkan untuk menanam melon. Alhamdulillah, hasilnya cukup memuaskan dengan menghasilkan buah Melon Jumbo berwarna orange yang baik dan berkualitas, semoga kegiatan ini dapat dipelihara dan semakin dapat ditingkatkan,” ungkap Danyon.

Lebih lanjut Danyon mengucapkan terimakasih untuk Tim budidaya melon yang dipimpin oleh Praka Dirga yang telah berhasil menghasilkan buah melon jumbo berwarna orange yang baik dan berkualitas setelah melalui proses yang cukup panjang mulai dari penyiapan lahan, penyemaian dan pemilihan bibit, penanaman dan perawatan selama kurang lebih 120 hari serta pemupukan secara rutin hingga akhirnya dapat dipanen, tutup Danyon

Adapun melon yang ditanam yaitu jenis Merlin Jumbo, dengan tekstur daging buah yang renyah, manis dan berwarna orange serta lebih besar dari melon pada umumnya dengan bobot rata-rata tiap buahnya berkisar 3,5 hingga 4,5 kg.

Dikutip dari Halodoc.com, Melon orange atau cantaloupe tinggi akan air, serat, vitamin C, dan vitamin A. Nah, berdasarkan kandungan nutrisinya, mengonsumsi melon oranye dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari membantu menyehatkan penglihatan, hingga baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Terutama saat menjalani ibadah puasa Ramadhan saat ini.