Semarak Ramadan Bersama Kodam Iskandar Muda Gelar Lomba Tahfiz Qur’an dan Lomba Adzan.

 

Banda Aceh – Semarak Ramadan Bersama Kodam Iskandar Muda 2024M/1445H pada hari ke empat pelaksaanan ini menggelar Lomba Tahfiz Qur’an dan Lomba Azan yang berlangsung di Lapangan Blangpadang, Kota Banda Aceh pada Minggu (31/03/24).

Sebanyak 13 perwakilan peserta yang terdiri dari 7 putra dan 6 putri terbaik dari Kota Banda Aceh, Kota Sabang, Kabupaten Aceh Besar, Kabupaten Pidie, dan Kabupaten Aceh Jaya untuk mengikuti Lomba Tahfiz Qur’an pada pagi hari ini.

Kegiatan lomba tersebut merupakan bagian dari agenda yang diselenggarakan oleh Kodam Iskandar Muda dan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Aceh dalam menyambut Bulan Suci Ramadan 1445 Hijriah/ 2024 Masehi dengan menggelar serangkaian pentas seni dan perlombaan diantaranya Lomba Tilawah, Lomba Nasyid, Lomba Fahmil Qur’an, Lomba Tahfiz Qur’an, serta Lomba Azan.

Sedangkan untuk Lomba Azan diikuti oleh sebanyak 35 Peserta dengan ketentuan melantunkan Azan sebagaimana Azan untuk panggilan Shalat 5 waktu tetapi bukan Azan Subuh, pesertamerupakan utusan dari masing SMA Negeri, SMA Swasta, MA Negeri maupun Swasta yang ada di Kota Banda Aceh hanya dalam satu babak yang berlangsung pada sore hari.

Dalam Lomba Tahfiz Qur’an pada tahun ini ada beberapa ketentuan yakni, jumlah hafalan yang diperlombakan adalah 10 Juz (Juz 1-10), kemudian para peserta juga akan menjawab dan diberi empat pertanyaan masing-masing sekitar 10-12 baris dalam satu babak.

Para pemenang lomba dari masing-masing kategori juga akan diumumkan pada saat rangkaian penutupan atau Closing Ceremony pada Senin (01/04/24) malam.

Dewan juri pada Lomba Tahfiz Qur’an dan Lomba Adzan yakni Ust. Muhammad Ihsan, SHi., MA., Ust. M. Raihan S.Ag., MH., Ust. Muzakkir, S.Ag., Ust. Darwis, Ust. Muksalmina dan Letkol Inf Muhsin serta turut disaksikan oleh para peserta, orangtua peserta, dan masyarakat yang datang ke Lapangan Blangpadang untuk sekedar menghabiskan waktu berbelanja dan berkeliling stand pameran UMKM dari seluruh daerah di Prov. Aceh jelang waktu berbuka puasa.