Babinsa Sambangi Warga Desa Binaan Bantu Jemur kemiri.

 

Kutacane – Babinsa posramil ketambe, Serda jaya aspin jajaran Kodim 0108/Agara melaksanakan anjangsana membantu warga desa binaan,menjemur kemiri milik bapak mukmin di Desa suka rimbun kec ketambe Kab, Aceh Tenggara, Kamis (04/04/24).

Serda jaya Aspin menyampaikan, Kemiri lebih banyak dimanfaatkan sebagai rempah-rempah dan sering digunakan dalam berbagai olahan makanan sebagai bumbu masakan. Namun disamping hal tersebut, kemiri juga dapat memberikan banyak manfaat yang baik bagi kesehatan.ujarnya.

Kemiri yang hendak dikupas harus dijemur terlebih dulu di bawah terik matahari hingga kering. Proses ini kira-kira membutuhkan waktu tiga hingga tujuh hari atau lebih tergantung dengan kondisi cuaca.penjemuran biji utuh kemiri tersebut dilakukan di ruang terbuka agar bisa terpapar sinar matahari lebih lama.,imbuhnya.

Sebagian warga di Desa disini, memiliki perkebunan yang didalamnya berisikan pohon kemiri dan penjemurannya dilaksanakan di pekarangan yang cukup luas dibawah sinar matahari dengan tidak terhalang oleh pepohonan.pungkasnya.

Bapak Mukmin pemilik hasil kemiri menyampaikan ucapan terima kasih atas waktunya dan membantu kami dalam penjemuran kemiri ini semoga tali silaturahmi ini akan terus terbina dengan baik, ujarnya.

(Pendim Agara).