Pasi Intel Kodim 0108/ Agara Hadiri Upacara Peringatan Otonomi Daerah ke XXVIII Tahun 2024 Di Pemda Agara.

Kutacane — Pasi intel Kodim 0108/Agara bersama prajurit mengikuti Pelaksanaan Upacara Bendera Dalam Rangka Memperingati Hari Otonomi Daerah ke XXVIII Tahun 2024 Kabupaten Aceh Tenggara berlangsung di Halaman Kantor Bupati Agara, di desa kutacane lama Kecamatan Babussalam Kabupaten Aceh Tenggara, Jumat, (26/04/24).

Kegiatan Upacara tersebut mengusung tema “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Yang Sehat”,

Amanat Menteri Dalam Negeri yang dibacakan oleh Inspektur upacara tersebut yaitu ,”tersirat bahwa tema yang dipilih adalah untuk memperkokoh komitmen, tanggung jawab dan kesadaran seluruh jajaran Pemerintah Daerah akan amanah serta bertugas untuk membangun keberlanjutan dalam pengelolaan SDA dan lingkungan hidup di tingkat lokal sekaligus mempromosikan model ekonomi yang ramah lingkungan guna menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang.

Otonomi Daerah telah diatur dalam UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dengan filosofi Otonomi Daerah dilandaskan pada prinsip – prinsip dasar yang tertuang dalam Pasal 18 UUD 1945. Berangkat dari prinsip dasar inilah, Otonomi Daerah dirancang untuk mencapai 2 tujuan utama yakni kesejahteraan dan demokrasi”,

Sedangkan dalam konteks ekonomi hijau, lanjutnya, yang merupakan salah satu dari 6 strategi transformasi ekonomi lndonesia untuk mencapai visi 2045 adalah kebijakan desentralisasi yang memberikan ruang bagi Pemda untuk melakukan pengelolaan SDA secara efisien dan continue.

di akhir amanat melalui transformasi produk unggulan, dari yang semula berbasis produk yang tidak dapat diperbaharui seperti industri pengolahan pertambangan menjadi produk dan jasa yang diperbaharui dengan tetap memperhatikan potensi daerah seperti pertanian, kelautan dan pariwisata. Dengan keleluasaan eksperimentasi ini, semoga dapat menciptakan dampak positif bagi lingkungan, masyarakat dan perekonomian secara keseluruhan.