Babinsa Koramil 04/Meureubo Bantu Petani Benahi Lanjaran Kacang Panjang

 

Aceh Barat – Babinsa Koramil 04/Mrb Kodim 0105/Abar Koptu Taufik Alhidayah membantu Petani dalam hal Pertanian kali ini merawat dan membenahi Penyangga/Lanjaran tanaman Kacang Panjang bertempat di Desa Langung Kecamatan Meureubo, Minggu (5/5/2024)

Di sela – sela aktifitasnya, Koptu Taufik Alhidayah menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan pendampingan ini Dirinya juga selalu jalin komunikasi dengan PPL guna menyerap masukan yang kemudian di share kepada para Petani dengan harapan Petani paham dan mengerti langkah – langkah yang harus dikerjakan sehingga mendapatkan produktifitas tanaman dengan hasil yang maksimal.

“Kita juga menganjurkan untuk selalu rutin membersihkan Gulma dan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) diseputaran tanaman yang dapat mengganggu pertumbuhan. Sehingga, dengan demikian nantinya tanaman akan dapat tumbuh subur dan sempurna di samping itu juga harus bantu dengan penyemprotan hama dan pupuk sebagai perangsang”, tutur Babinsa

Di lokasi berbeda, Dandim 0105/Abar Letkol Inf Muhammad Syafii Nasution melalui Danramil 04/Meureubo Kapten Inf Andika Trio Utama, S.H., menambahkan dengan menguraikan bahwa kehadiran Babinsa di tengah – tengah para Petani merupakan bukti peran aktif TNI AD dalam upaya meningkatkan Ketahanan Pangan di daerah khususnya di wilayah teritorial Koramil 04/Meureubo Kodim 0105/Abar.

“Para Babinsa di jajaran selalu Kita arahkan dan perintahkan untuk membangun komumikasi, koordinasi dan sinergi dengan PPL Pertanian agar Swasembada Pangan dapat tercapai sesuai yang Kita harapkan. Agar terwujud, maka afdholnya harus bersama – sama ketika mendatangi lokasi Pertanian dan bisa seirama pada saat memberikan solusi melalui penyuluhan langsung sesuai jenis tanaman yang ditanami Petani. Sehingga, Petani memiliki bekal pengetahuan dalam segi pengolahan tanah dan juga perawatan tumbuhan tersebut”, ujar Danramil