indeks

TMMD Reguler ke-120 Kodim 0116/Nagan Raya Resmi di Buka

 

Nagan Raya, Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa Reguler ke 120 TA. 2024 Kodim 0116/Nagan Raya resmi dibuka. Upacara tersebut dipimpin oleh PJ Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas, AP., S.Sos., M.Si, Dengan mengusung tema “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah” upacara berlangsung di Lokasi TMMD Lapangan Bola Alue Gajah Kematan Suka Makmue Kabupaten Nagan Raya, Rabu (08/05/24).

Kegiatan diawali pembacaan laporan kesiapan dan sambutan, kemudian penandatanganan naskah program TMMD Reguler Ke-120 Tahun 2024 oleh Komandan Kodim 0116/Nagan Raya Letkol Inf Fairuzzabadi, S.H. dan Pj Bupati Nagan Raya Acara dilanjutkan Pemasangan Pita secara simbolis oleh Pj Bupati Nagan Raya kepada perwakilan TNI, Polri dan Masyarakat.

Pj Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas, AP., S.Sos., M.Si dalam amanatnya mengatakan bahwa Pemkab Nagan Raya sangat mengapresiasi terhadap Kodim 0116/Nagan Raya atas kerjasamanya melalui Program TMMD Reguler yang Ke 120 Kabupaten Nagan Raya tepatnya di Desa Kuta Baro Blang Muling dan Desa Alue Gajah karena dikerjakan secara gotong royong dalam membangun suatu daerah Desa Tertinggal.

Kegiatan TMMD Merupakan Salah Satu implementasi Dari Tugas Operasi Militer TNI Selain Perang, Yaitu Memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya Secara Dini Sesuai Dengan sistem Pertahanan Semesta. Ini Juga merupakan wujud kemanunggalan dari TNI dan Rakyat, dalam bentuk Operasi Bhakti yang dilaksanakan bersama – sama Dengan Seluruh Komponen masyarakat, termasuk Pemerintah Daerah,dalam percepatan pembangunan menuju tercapainya kesejahteraan masyarakat.

TMMD juga sebuah keterpaduan antara TNI dan Pemerintah Daerah Yang bertujuan untuk mempercepat terobosan pembangunan,serta meningkatkan Infrastruktur dan kesejahteraan pada masyarakat melalui sasaran fisik Maupun non fisik, dalam rangka menyiapkan ruang juang, alat juang dan kondisi juang yang tangguh.

Ini juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk memperkuat penanaman nilai – nilai kebangsaan dan kecintaan masyarakat terhadap NKRI dan ideologi pancasila yang menjadi dasar negara.

Sementara Komandan Kodim 0116/Naga Raya Letkol Inf Fairuzzabadi, S.H. saat di wawancarai awak media menyampaikan bahwa kegiatan TMMD ke 120 yang dilaksanakan berlokasi di Desa Kota Baro Bang Muling dan Desa alue Gajah dalam pelaksanaannya dibagi menjadi dua kegiatan yaitu sasaran fisik dan non fisik.

Pada sasaran fisik melaksanakan pembuatan Badan Jalan 3.000 x 6 m Parit Kanan Kiri Jalan 3.000 x 1 m, Rabat Beton 350 x 4 m, Jembatan 1 unit ( P: 5, L: 5 m, T: 2 m), Box Culver 2 Unit (P: 1 m, L : 6 m, T : 2 m) dan (P: 2 m, L : 6 m, T : 2 m).

Sasaran Non Fisik meliputi Penyuluhan Wasbang, Penyuluhan Narkoba, Penyuluhan Kesehatan/Stunting, Penyuluhan Posyandu dan Posbindu, Penyuluhan Pertanian, dan Pengobatan Masal ,

Sasaran Tambahan meliputi Manunggal Air 3 Titik, Ketahanan Pangan Bersatu dengan Alam, Pembersihan Lingkungan dan Rehab RTLH/MCK berbagai kegiatan ini adalah sosialisasi sebagai upaya pembinaan sumber daya manusia yang disesuaikan situasi dan kondisi daerah tersebut,” terang Dandim.

Dandim berharap semua yang di kerjakan oleh satgas TMMD hasilnya dapat dirasakan oleh Masyarakat.

Exit mobile version