logo
logo
Selamat Datang di Website Resmi Kodam Iskandar Muda

AJENDAM IM SELENGGARAKAN SELEKSI CATAR AKMIL UNGGULAN TA 2017 GUNA MENJAWAB KOMPLEKSITAS TUGAS DI ERA MODERN

Kompleksitas tugas dibidang pertahanan pada era modern ini sudah semakin beragam. Tuntutan akan kemajuan dan perubahan zaman yang semakin dinamis memaksa organisasi harus berkembang pesat. Tidak terkecuali persoalan bidang pertahanan. Ancaman pertahanan ini dapat berasal dari dalam negara maupun luar yang semakin besar. TNI sebagai unsur pertahanan negara haruslah siap dalam menghadapi berbagai macam ancaman. Alutsista tidaklah cukup tanpa didukung dengan kemampuan sumber daya manusia yang mumpuni, karena sebagai faktor penting dalam sebuah organisasi, tentunya sumber daya manusia ini harus terus ditingkatkan guna  menjawab tantangan tersebut.

Dalam rangka membangun postur TNI yang professional dan maju khususnya TNI AD, maka diperlukan sumber daya manusia yang unggul dalam mengawaki organisasi. Salah satu proses dalam meningkatkan profesionalisme suatu organisasi yaitu dimulai dari proses rekrutmen. Untuk meyiapkan prajurit yang akan menjadi agen perubahan dimasa depan TNI AD, maka diselenggarakan seleksi catar Akademi Militer unggulan. Catar Akademi Militer unggulan yang memang khusus dipersiapkan untuk menjadi pemimpin di lingkungan TNI AD ini haruslah benar-benar dari sumber daya manusia yang cerdas, dan tentunya juga memenuhi aspek lain dalam ketentuan rekrutmen TNI AD. Program rekrutmen catar yang berasal dari sekolah-sekolah unggulan di tiap-tiap daerah ini sudah dilaksanakan dimulai dari TA 2016 yang tentunya dilaksanakan pula di TA 2017 ini.

Kodam Iskandar Muda yang merupakan salah satu kotama yang menyelenggarakan seleksi rekrutmen TNI AD yang dalam hal ini dilaksanakan oleh Ajendam IM memiliki peran dalam membantu proses penyediaan prajurit TNI AD di wilayah Provinsi Aceh.  Seleksi catar Akademi Militer unggulan merupakan seleksi perekrutan prajurit yang terdiri dari sekolah-sekolah unggul di wilayah Aceh. Sekolah unggulan tersebut merupakan rujukan dari Dinas Pendidikan setempat yang sebelumnya diadakan kampanye dalam proses perekrutan. SMA unggul tersebut diantaranya; SMAN 1 Banda Aceh, SMAN 2 Banda Aceh, SMAN 4 Banda Aceh, SMA Modal Bangsa Aceh Besar, SMAN 1 Samudera Aceh Utara, SMAN 1 Lhokseumawe dan SMAN 1 Meulaboh.

Baca Juga:  Warga Berbondong-Bondong Nobar Film G 30 S PKI

Proses pengecekan awal dilaksanakan pada tanggal 16 Januari 2017 di Ajendam IM. Tahapan pengecekan administrasi awal dan postur diikuti sebanyak 187 orang pria dan 91 orang wanita. Administrasi awal terdiri dari pemeriksaan nilai rata-rata raport kelas XII semester 1 dengan ketentuan nilai diatas 80,00 dilanjutkan pemeriksaan usia peserta, serta pemeriksaan postur meliputi tinggi badan, berat badan, tato dan tindik.

Dari hasil pengecekan awal sebanyak 91 orang pria dan 21 orang wanita dinyatakan memenuhi persyaratan untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya. Dalam hal ini Kasimindiasahpra Ajendam IM Mayor Caj Anis Munandar, S. Sos menyatakan perlunya kesiapan administrasi, fisik maupun mental agar memperbesar peluang lolos seleksi.  Selanjutnya peserta yang memenuhi persyaratan diumumkan untuk mengikuti tes berikutnya pada tanggal 31 Januari 2017 pada tempat yang sudah ditentukan.