Pangdam IM Ikuti Diskusi Dengan Komite 1 DPD RI

BANDA ACEH – Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayjen TNI Tatang Sulaiman dan Plt. Gubernur Aceh Mayjen TNI (purn) Soedarmo beserta unsur pemerintahan Provinsi Aceh, Senin (06/02) siang menerima kunjungan kerja dari Komite 1 DPD RI di aula serba guna kantor gubernur Aceh.

Rombongan Komite 1 DPD RI yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komite 1 Fachrurrozi tersebut sebelumnya telah mengadakan diskusi terkait pelaksanaan Pilkada Aceh dengan KIP dan Panwaslih Aceh.

Adapun tujuan kunjungan kerja siang itu terkait dengan diskusi RUU Etika Penyelenggara Negara dan juga terkait dengan Pengawasan persiapan pelaksanaan Pilkada Aceh 2017.  Dalam sambutannya, Fachrurrazi mengapresiasi atas upaya Forkopimda Aceh dalam mewujudkan Pilkada damai.

“Kami dari komite 1 mengapresiasi kepada Plt. Gubernur Aceh, Pangdam IM serta Kapolda yang membuat Aceh tetap kondusif,” ujar Fachrurrozi.

Terkait dengan situasi keamanan menjelang Pilkada, Pangdam IM menyampaikan bahwa perlunya mewujudkan pilkada yang berintegritas dan saling menghormati apapun hasil keputusan penghitungan suara dalam pilkada agar suasana tetap aman, nyaman dan damai.

“Siapapun yang menang harus kita sadari bahwa dia adalah pilihan rakyat. Untuk itu, mari kita wujudkan pilkada yang berintegritas,” tutur Pangdam.

Selanjutnya Pangdam mengingatkan bahwa pelaksanaan Pilkada Aceh ini merupakan hajat besar bagi masyarakat Aceh serta menjadi bagian dari sejarah Aceh pada nantinya.

“Pilkada ini adalah bagian dari sejarah. Saya pikir ini merupakan hajat besar masyarakat Aceh”, kata Pangdam.

Sehingga, lanjut Pangdam, penyelenggaraan Pilkada Aceh 2017 ini harus dijalankan dengan penuh amanah dan rasa tanggung jawab. Terutama jaminan netralitas dari penyelenggara, baik KIP, Panwaslih, Pemerintah setempat dan aparat TNI/ Polri.

“Yang terpenting adalah penyelenggara Pilkada harus bisa menjalankan amanah. Salah satunya harus netral,” ucap Pangdam.

Senada dengan pernyataan Pangdam, Plt. Gubernur Aceh Mayjen TNI (purn) Soedarmo pun menjamin bahwa Aceh akan dapat menjalankan Pilkada 2017 ini dengan aman, nyaman dan berintegritas.

“Kita pastikan Pilkada aman, nyaman, damai, berintegritas dan kondusif,” kata Plt. Gubernur.

Hadir dalam acara tersebut, Pangdam IM Mayjen TNI Tatang Sulaiman, Plt. Gubernur Aceh Mayjen TNI (purn) Soedarmo, Asisten 1 Sekda Aceh DR. Iskandar A. Ghani S.H., M.Hum., Wakil Komite 1 DPD RI Fachrurrazi beserta rombongan dan para pimpinan SKPA Aceh.