Stabilkan Harga Beras, Kasdim 0116/Nara Paparkan Sp3t

ย Suka Makmue- ย Dalam rangka mewujudkan swasembada pangan dan upaya stabilkan harga gabah di Kabupatenย  Nagan Raya, Kepala Staf Kodim 0116/Nagan Rayaย  Mayor Inf Hastiar Hatta memaparkan Rencana Sentra Pelayanan Pertanian Padi Terpadu (SP3T) di Aula Setdakab Komplek Perkantoran Suka Makmue. Rabu (15/3/17).

Dalam Paparannya Kasdim menjelaskan bahwa SP3T adalah sarana untuk melaksanakan pengelolaan padi melalui pendampingan dan pembinaan petani padi yang diselenggarakan oleh Kodim 0116/Nara bekerjasama dengan Pemda dan Instansi terkait lainnya di tingkat kabupaten.

โ€œ Ini merupakan langkah strategis TNI melalui seluruh Kodim di Indonesia untuk melakukan transformasi sosial dalam menyelamatkan petani,โ€ kata Kasdim.

Lebih lanjut Kasdim mengatakan, program SP3T ini akanย  dimulai dengan tahap pengolahan lahan, penyuluhan, penyemaian, penanaman sampai pada tahap panen dan penggilingan gabah dengan tujuan dapat meningkatkan hasil dan mutu panen padi petani, sehingga kabupaten Nagan Raya bisa menjadi ย sentra lumbung padi mandiri dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani.

Kasdim berharap, dengan adanya program SP3T ini bisa meningkatkan kualitas, Kemudian harganya bisa menurun. โ€œ Sehingga inflasi turun kemudianย  kemiskinan di tingkat pedesaan bisa turun dan terasi,โ€ ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut. Waka Polres Nagan Raya Kompol Sutan Siregar, Kepala Dinas Pertanian Ali Basyah, SP,ย  Kasi Datun Kejari ย T. Hendra, Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian Mustafa, SP, Perwakilan dari BANK BNI Bapakย  Suripto, Kepala Cabang BANK BRI Nagan Rayaย  Hadi, Perwakilan dari Bulog, Dan Anggota PPL dinas Pertanian Nagan Raya.