Lestarikan Kearifan Lokal, Satgas TMMD-98 Kodim 0105/Aceh Barat Berlatih Rafai Geleng

Aceh Barat. Anggota Satgas TMMD Kodim 0105/Aceh Barat menggelar latihan Rafai Geleng bersama remaja Gampong Pasir putih, Desa Pasir putih, Aceh Barat. Selasa (11/4/2017).

Kegiatan yang dilaksanakan di balai Gampong Pasir putih tersebut bertujuan untuk melestarikan dan memelihara kearifan budaya lokal masyarakat ini di ikuti oleh dua puluh anggota satgas TMMD dan remaja gampong pasir putih. Selain itu juga meningkatkan dan mempertahankan moril anggota Satgas TMMD, dan menumbuhkan rasa solidaritas, meningkatkan kebersamaan anggota dengan Rakyat.

Para prajurit tampak serius dan gembira saat berlatih tari rapai geleng yang diajarkan langsung oleh Syehkup (panggilan pelatih tari rapai geleng). Menurut salah satu prajurit, berlatih tari rafai geleng memberikan pengalaman tersendiri bagi dirinya dan dapat menghibur.

Syehkup, sang pelatih merupakan warga asli Desa Balee Meulaboh yang dirumahnya didirikan sanggar untuk melatih tai rafai geleng dari anak-anak hingga orang dewasa.

Rapa’i Geleng adalah sebuah tarian etnis Aceh yang berasal dari wilayah Aceh Bagian Selatan tepatnya Manggeng, yang sekarang masuk kawasan Kabupaten Aceh Barat Daya. Permainan Rapa’i Geleng juga disertakan gerakan tarian dengan tabuhan rebana yang melambangkan sikap keseragaman dalam kerjasama, kebersamaan,yang penuh kekompakan dalam lingkungan masyarakat. Tarian ini mengekspresikan dinamisasi masyarakat dalam syair yang dinyanyikan, kostum dan gerak dasar dari unsur Tari Meuseukat.

Jenis tarian ini dimaksudkan untuk laki-laki. Biasanya yang memainkan tarian ini ada 12 orang laki-laki yang sudah terlatih. Syair yang dibawakan adalah sosialisasi kepada masyarakat tentang bagaimana hidup bermasyarakat, beragama dan solidaritas yang dijunjung tinggi.