BUDAYA BERSIH MASYARAKAT CIPTAKAN LINGKUNGAN SEHAT DAN NYAMAN

TAKENGON โ€“ Anggota Koramil-02/Bebesen Kodim 0106/Ateng-BM bersama anggota Koperasi Pedagang Kopi ( KOPIPE ) Ketiara melaksanakan kegiatan karya bhakti gotong royong pembersihan sampah di sepanjang jalan Desa umang dan Desa Mah Bengi Kec. Bebesen Kabupaten Aceh Tengah, Sabtu ( 13/05/2017 ).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Danramil-02/Bebesen Kapten Inf Bambang Suhartono, gotong rotong kali ini dalam rangka pembinaan teritorial satuan komando kewilayahan ( SATKOWIL ) yang sudah menjadi program TNI-AD dan mendukung program budaya bersih yang berkelanjutan guna terciptanya lingkungan masyarakat yang sehat dan nyaman. Kegiatan tersebut di rencanakan akan di laksanakan setiap seminggu sekali di 39 Desa.

Di tempat terpisah Dandim 0106/Ateng-BM Letkol Inf Didit Hari Prasetyo Putro, S.I.P menjelaskan, kegiatan Karya Bhakti berupa pembersihan jalan sepanjang 5 KM di ruas kanan-kiri jalan ini sudah sering di lakukan bersama warga masyarakat dalam rangka pembinaan teritorial dan menjalin hubungan tali silaturahmi dengan anggota Koperasi Ketiara, di samping itu untuk menghindari penumpukan maupun penyumbatan saluran air di musim hujan. Ini dapat dihindari apabila sampah di bersihkan serta dikelola dengan baik dan benar.

Dandim berharap, budaya gotong royong yang rutin dilaksanakan ini terus dipertahankan dan ditingkatkan, sebagai wujud realisasi pembinaan teritorial yang sangat besar manfaatnya bagi lingkungan dan masyarakat.

Sebagai objek wisata perkebunan kopi dengan menyuguhkan suasana alam yang indah dan udaranya yang , keindahan dan kerapian harus tetap dijaga untuk menarik para wisatawan. ย Terangnya.

Ketua Koperasi Pedagang Kopi Ketiara Kabupaten Aceh Tengah bapak Rahmah disela-sela kegiatan pemberishan sampah mengutarakan, saat ini jumlah anggota koperasi kurang lebih sudah mencapai 2.700 orang, dan telah membina kerjasama dengan pemerintah, aparat kampung termasuk jajaran Kodim 0106/ Aceh Tengah-Bener Meriah dalam beragai kegiatan kemasyarakatan, diantaranya kegiatan kepedulian terhadap masalah sampah. Dirinya menghimbau kepada masyarakat untuk turut peduli terhadap lingkungan dengan membiasakan diri untuk tidak membuang sampah sembarangan, karena selain mengganggu pemandangan juga akan berdampak tercemarnya lingkungan.