Kodim 0101/BS Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana

Banda Aceh โ€“ Komando Distrik Militer (Kodim) 0101/BS melakukan Apel Gelar Kesiapsiagaan satuan dalam rangka penanggulangan bencana bertempat di halaman Markas Kodim 0101/BS Jalan Sultan Alaidin Mahmudsyah No.32, Kampong Baru Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh, Kamis (18/5/2017).

Pelaksanaan Apel Gelar Kesiapsiagaan tersebut merupakan tindak lanjut dari perintah Komandan Kodim (Dandim) 0101/BS Letnan Kolonel Inf Iwan Rosandriyanto, S.I.P untuk menginventarisir seluruh kekuatan baik personel maupun materiil yang dimiliki oleh Kodim guna mewaspadai terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam, mengingat di wilayah Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar saat ini sedang memasuki musim penghujan dan angin kencang.

Apel Gelar Kesiapsiagaan dipimpin oleh Perwira Seksi Operasi (Pasiops) Kodim 0101/BS Mayor Arh Gayoni Amin, S.Ag. Dalam arahannya Mayor Arh Gayoni menghimbau kepada seluruh prajurit di satuan jajaran Kodim 0101/BS agar senantiasa meningkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap potensi ancaman bencana alam di wilayahnya masing-masing serta siap untuk digerakkan kapanpun dibutuhkan.

โ€œKita tidak pernah tau kapan bencana itu datang, oleh karena itu cermati dan waspadai setiap potensi ancaman bencana di wilayah masing-masing, tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan, kapanpun perintah itu datang anda harus siap!โ€ tegas Pasiops dihadapan seluruh pasukan apel.

Lebih lanjut Mayor Arh Gayoni menjelaskan bahwa pihak Kodim sendiri telah melakukan langkah-langkah koordinasi dengan instansi terkait, dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah, baik di Kota Banda Aceh maupun di Kabupaten Aceh Besar, dimana Kodim 0101/BS siap untuk memberikan perbantuan kekuatan kepada Pemerintah Daerah jika sewaktu-waktu dibutuhkan dalam rangka penanggulangan bencana.

“Kita sudah melakukan inventarisir kekuatan baik personel maupun materiil yang siap digerakkan kapan saja dan selama ini kita sudah bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), bahkan khusus di wilayah Kota Banda Aceh kita masih tergabung dalam Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana yang sudah berjalan selama 5 tahun sejak tahun 2012 silam,” ujarnya.

Di akhir kegiatan Mayor Arh Gayoni didampingi oleh Perwira Seksi Logistik (Pasilog) Kodim 0101/BS Mayor Kav Zulfian, melakukan pemeriksaan terhadap personel dan materiil yang disiapkan seperti tenda regu, tenda peleton, tenda serba guna, dapur lapangan, truk angkut personel, alat angkutan air, pelampung dan lain sebagainya.