logo
logo
Selamat Datang di Website Resmi Kodam Iskandar Muda

Cegah Kerusakan, Personil Kodim Aceh Utara Lakukan Perawatan Alsintan

Lhokseumawe – Personil Kodim 0103/Aceh Utara dipimpin Perwira Seksi Logistik Kapten Inf Abdullah melakukan perawatan terhadap puluhan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) berupa hand traktor di garasi Makodim setempat. Selasa (23/05/17).

Komandan Kodim 0103/Aceh Utara Letkol Kav Fadjar Wahyudi Broto melaui Perwira Seksi Logistik mengatakan Kementerian Pertanian mengembangkan tehnologi pertanian terutama Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dan untuk wilayah Kodim 0103/Aceh Utara didukung berupa traktor sebanyak 6 Unit, hand traktor sebanyak 45 unit,Transplanter (mesin tanam padi) sebanyak 5 unit dan pompa air sebanyak 30 unit serta hand sprayer sebanyak 60 Unit.

“Sebagaian Alsintan ini sedang digunakan oleh petani dan kelompok tani untuk mengelolah sawahanya yang sebentar lagi akan memasuki musim tanam,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskan, perawatan yang paling utama adalah oli, setelah penggunaan 50 jam pertama oli harus dibuang dan diganti. Karena mesin-mesin yang berputar awalnya akan segera terkena kotoran. Selanjutnya, penggantian oli dilakukan setiap 100 jam beroperasi. Kemudian perawatan saringan, kapan harus diganti saringannya. Kalau mesinnya terutama Air, Solar dan Oli (ASO).

Selain itu, Perawatan juga dilakukan dengan membersihkan bagian bagian tertentu dengan menggunkan cairan anti karat dan lainya agar sewaktu waktu masyarakat memerlukan Alsintan tersebut siap untuk digunakan.

“Apabila Alsintan terawat dengan baik, maka sewaktu waktu ada permintaan dari masyarakat siap untuk di operasionalkan,” jelasnya.

Ditambahkan Keuntungan menggunakan Alat modern seperti Alsintan itu menghemat waktu dan tenaga serta mengurangi ongkos pengeluaran hingga 50%.

Baca Juga:  Danrem 011 Bersama Forkopimda Lepas Pawai Takbir Lebaran