HEBAT..! WARGA KECAMATAN DABUN GELANG RELAKAN TANAH UNTUK AKSES JALAN

Dabun Gelang – Ada yang lain dan menyentuh terkait kegiatan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-99 tahun 2017 Kodim 0113/Gayo Lues yang mengambil sasaran lokasi di Desa Badak, Kecamatan Dabun Gelang, Kabupaten Gayo Lues. Dimana terdapat kerelaan dan semangat warga masyarakat mengikhlaskan tanahnya untuk pembuatan (akses) jalan baru, yaitu jalan yang dapat menghubungkan dua desa yang selama ini terkesan terisolir akibat terputus oleh sebuah bukit, yaitu Desa Badak dan Desa Genting. Sabtu (15/07/2017).

Sekian puluh tahun kedua dusun tersebut masyarakatnya memimpikan adanya akses jalan sebagai sarana transportasi guna saling berkunjung atau mengangkut hasil panen bumi. Ketika warga kedua desa bersilaturahmi atau membawa hasil bumi, mereka harus berjalan kaki melalui jalanan setapak serta mendaki.

Ketika Kodim 0113/Gayo Lues menunjuk kedua desa ini menjadi sasaran fisik TMMD Reguler dengan salah satu sasarannya membuat akses jalan, masyarakat sontak senang, impian mereka menjadi nyata. Ungkapan kegembiraan itu diimplentasikan dengan kerelaan serta keikhlasannya menyerahkan sebagian tanah hak miliknya untuk membuat akses jalan itu.

“Saya dan tetangga (warga) lain ikhlas dan rela tanpa ada tekanan dari pihak manapun. Saya yang menyerahkan tanah ini untuk kepentingan saya dan seluruh warga desa semua. Cukup lama saya dan tetangga lain memimpikan punya jalan umum. Alhamdulillah, sekarang impian kami terwujud melalui TMMD Kodim Gayo Lues,” ungkap Husin (44) salah satu warga Desa Badak yang menyerahkan tanah miliknya secara sukarela demi jalan umum.

Bahkan tidak hanya tanah, warga pun merelakan pohon, tenaga, biaya untuk membangun jalan baru tersebut. Setiap hari puluhan masyarakat tua-muda bahu-membahu bergabung dengan personel Satgas TMMD meratakan tanah dan melebarkan jalan yang saat ini mulai dapat dilalui.

Terpisah, Dandim 0113/Gayo Lues Letkol Inf Muhammad Faizal Nasution, S,IP didampingi Kapten Inf Darno Danramil 03/Blangkejeren menyampaikan terimakasihnya kepada seluruh masyarakat Kecamatan Dabun Gelang, khususnya warga Desa Badak dan Desa Genting yang telah merelakan melepas dan menyerahkan tanah hak miliknya demi dibangunnya akses jalan kepentingan umum.

“Saya mewakili seluruh keluarga besar Kodm 0113/Gayo Lues menyampaikan terimakasih kepada masyarakat yang telah merelakan menyerahkan tanahnya tanpa ganti rugi sepeserpun demi terbukanya jalan umum. Doa kami semoga menjadi amal kebaikkan mereka, menjadi amal jariyah. Sungguh, ini sangat hebat,” ucap Dandim.