Rindam IM Menyelenggarakan Ust Tingkat Baterai Yon Armed 17/RC

Pidie. Komandan Resimen Induk Kodam Iskandar Muda (Danrindam IM) Kolonel Inf. Niko Fahrizal M.Tr.(Han) menyelenggarakan danย  menguji kesiapan tempur Tingkat Batrai Yon Armed 17/K/KRC TA. 2017 di daerah latihan Pidie komplek dengan mengerahkan 109 prajurit. ย Sabtu (30/9/17).

Danrindam Iskandar Muda selaku Danlat (Komandan Latihan) saat meninjau latihan mengatakan, bahwa Latihan merupakan sarana untuk mengukur dan menguji kemampuan satuan yang telah dimiliki sesuai dengan hasil latihan yang sudah diprogramkan dalam Proglatsi yang bertujuan agar standarisasi kemampuan satuan jajaran TNI AD relatif setara.

Dalam Proglatsi latihan dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut dimana pada setiap akhir tingkatan satuan diakhiri dengan Uji Siap Tempur (UST), sedangkan Uji Siap Tempur (UST) Kompi merupakan proses rangkaian kegiatan yang dimulai dari latihan-latihan sebelumnya baik tingkat perorangan maupun satuan sesuai siklus latihan.Oleh karenanya penyelenggaraan UST dilaksanakan untuk melihat hasil yang telah dicapai dalam latihan sebelumnya, sekaligus untuk mengukur tingkat kesiapan tempur Kompi dalam suatu operasi. Sesuai dengan siklus latihan satuan dan Program Kerja Anggaran Kodam Iskandar Muda TA 2017 khususnya program pembinaan latihan maka dilaksanakan Uji Siap Tempur (UST) tingkat Kompi.

Uji Siap Tempur (UST) tersebut bertujuan untuk menguji kesiapan tempur tingkat Kompi dan sekaligus menilai keberhasilan latihan teknis dan taktis tingkat Kompi yang telah dilaksanakan. Pelaksanaan Uji Siap Tempur tersebut harus mencapai tolak ukur sesuai standar tingkat kemampuan satuan sehingga pelaksanaannya terukur dan terarah serta menggunakan metode pengujian yang tepat sesuai ketentuan.

โ€œ Adapun materi UST Batrai Armed sebagai bagian dari Yon Armed membantu Batalyon kawal depan, membantu Batalyon Armed membantu Serangan, Pertahanan dan Pengejaran,โ€ ย ujar Danrindam kolonel Infantri Niko Fahrizal.