logo
logo
Selamat Datang di Website Resmi Kodam Iskandar Muda

Kasdim 0112 Berikan Wasbang Kepada Peserta Sosialisasi Peraturan Perundang Undangan

Sabang, Kasdim 0112/Sabang Mayor Inf Yudha Setiawan mengisi materi Wawasan kebangsaan kepada peserta Sosialisasi Peraturan perundang undangan tentang pengembangan Wawasan Kebangsaan di aula Kantor Bappeda Gampong Cot Ba’u Kecamatan Sukajaya Kota Sabang yang diikuti lebih kurang 80 orang peserta.  Kamis (12/10/2017).

Sebelum pemberian materi Wawasan kebangsaan terlebih dahulu dilaksanakan pembukaan oleh Staf Ahli Sekda Kota Sabang Bpk Sarbaini,SP menyampaikan terima kasih kepada Bpk Kasdim 0112/Sabang yang mana telah menyempatkan waktunya untuk bisa hadir pada kegiatan ini dan terima kasih juga dan sekirannya bapak Kasdim bisa memberika materi wawasan kebangsaan dan peran apa yang dilakukan dalam menjaga kedaulatan dan Keutuhan NKRI,”ujar Sekda Kota Sabang.

Dalam pemberian materi Kasdim 0112/Sabang menyampaikan bahwa wawasan kebangsaan menentukan cara pandang bangsa mendayagunakan kondisi geografis negara,sejarah,sosial budaya,ekonomi,politik serta pertahanan keamanan dalam mencapai cita-cita dan menjamin kepentingan nasional.

“ Konflik atau perebutan yang terjadi di Indonesia diantaranya karena Negara Indonesia kaya akan sumber daya alam sehingga negara lain ingin memiliki dan mengambil alih sumber daya alam Indonesia,”kata Kasdim 0112/Sabang.

Lanjut Kasdim, negara Indonesia merupakan kepulauan terbesar di daerah ekuator yang memiliki garis pantai terpanjang ke 2 di dunia ( 95,181 km ) serta kaya akan sumber daya alam,posisi strategis kaya budaya sehingga potensi ancaman dunia tinggi atau besar.

Mayor Inf Yudha Setiawan menambahkan,TNI itu berasal dari Rakyat jadi TNI tidak bisa bekerja sendiri dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan Wilayah NKRI yang dimaksud wawasan Kebangsaan adalah konteks kehidupan dan bernegara yang di dasari persatuan, kedaulatan dan membentuk karakter suatu Negara dan memelihara eksistensi Negara dan bangsa yang mana menjaga keutuhan NKRI dan mengamankan dari gangguan konflik, separatis, sikap apatis dan disintergrasi dan memelihara keutuhan Ideologi (Pancasila dan UUD 1945).

Baca Juga:  Danrem 011 Berikan Motivasi Tim Ton Tangkas

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pa Ahli Sekda Kota Sabang,Kasie Kesbangpol,Pasiops Lanud dan Pasiops Lanal serta Pendukung dari penyelenggara Kesbangpol Kota Sabang.