TMMD KODIM ATENG LAKSANAKAN WASBANG DAN OUT BOUND

TAKENGON – Prajurit Koramil-10/Pgs, Kodim 0106/Ateng yang di pimpin oleh Bati Tuud Serma Joko Rianto memberikan penyuluhan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan Out Bound kepada pelajar SMAN 15 Tkn dalam rangka TMMD ke 100, bertempat di Jln. Lukup Badak Kec. Pegasing Kab. Aceh Tengah, Jum’at (20/10/17).

Bati Tuud menyampaikan, materi yang di berikan antara lain Empat Pilar Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI serta tiga unsur pokok eawasan kebangsaan yaitu rasa kebangsaan, paham kebangsaan, semangat kebangsaan.

Selain itu juga di sampaikan tentang proxy war, dalam pengertiannya adalah konfrontasi antar dua kekuatan besar dengan menggunakan pemain pengganti untuk menghindari secara langsung dengan alasan mengurangi risiko konflik, Lanjut Bati Tuud.

Dalam proxy war, tidak bisa terlihat siapa lawan dan siapa kawan, dilakukan non state actor, tetapi dikendalikan oleh sebuah negara dengan tidak melibatkan kekuatan militer tetapi melalui berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara baik politik, ekonomi, sosial budaya maupun hukum, Tambah Bati Tuud.

Sebagai penutup Serma Joko mengajak para pelajar semua harus bijak dan bersatu karena ancaman kedepan semakin kompleks dan nyata serta siap menghadapi Indonesia Emas melalui kebersamaan, militansi, kemauan keras, berkomunikasi selanjutnya kegiatan di akhiri dengan Out Bound.