Dandim 0110/Abdya hadiri acara pelantikan Panwaslu Kecamatan sekabupaten Abdya

Blangpidie, 8 Desember 2017- Dandim 0110/Abdya Letkol Arm Iwan Aprianto, S.I.P. menghadiri acara pelantikan dan bimbingan teknis anggota Panwaslu Abdya, bertempat di aula Arena Motel, Aceh Barat Daya.

Sedikitnya 80 orang hadiri acara tersebut, yang di dalamnya turut hadir atas nama Wabup Abdya Asisten II sekdakab Abdya Drs. Saiful Azhar, Kabag Ops AKP Awang Bayu Marantika, anggota Dewan, para perwakilan Parpol, Muspika dan jajaran anggota Panwaslu Abdya.

Prosesi acara dimulai dengan pembacaan Surat Keputusan Panwaslu Abdya, kemudian dilanjutkan dengan pelantikan anggota Panwaslu tingkat Kecamatan dan pembacaan fakata Integritas oleh salah satu perwakilan anggota Panwaslu Kecamatan (Almizal, S.Pd.I.).

Ketua Panwaslu Abdya, Ilman Saputra SE, MSi. menyampaikan, bahwa pesta Demokrasi tahun 2019 dilaksanakan secara serentak, dan itu merupakan suatu tugas yang berat bagi Panwaslu. Ia menghimbau kepada kepada anggota Panwaslu tingkat Kecamatan, agar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan penuh rasa tanggung jawab.

Sementara itu Bupati Abdya Akmal Ibarahim, SH. melalui teks sambutannya yang dibacakan Asisten II Sekdakab Abdya Drs. Saiful Azhar mengucapkan selamat pada jajaran yang terpilih menjadi anggota Panwaslu tingkat Kecamatan.

Kata Akmal, Panwaslu adalah lembaga yang dibentuk untuk mengawasi setiap pelaksanaan tahapan Pemilu hingga pelosok. Tugas Panwaslu sangat berat, yakni harus dapat bersikap tegas dan Independen dalam profesionalitas kerja. Sehingga diharapkan hasil dari Pemilu akan jauh lebih berkualitas.

“Pemerintah berharap setelah dibentuknya Panwaslu ini dapat bekerja sama dengan semua pihak dalam menghadapi setiap permasalahan”, tandas Akmal.

Pembentukan Panwaslu tingkat Kecamatan tersebut sesuai dengan Peraturan Bawaslu RI Nomor 10 Tahun 2012, yakni tentang pembentukan, pemberhentian dan pergantian antar waktu Bawaslu tingkat Provinsi, Panwaslu Kabupaten /Kota, dan Panwaslu Kecamatan.

Rencananya acara bimbingan teknis anggota Panwaslu tingkat Kecamatan tersebut akan dilaksanakan selama 2 hari, mulai tanggal 8 sampai dengan 9 Desember 2017.