SPEKTAKULER, 3 EKOR GAJAH HADIR DI HUT JUANG KARTIKA KODAM ISKANDAR MUDA

IMG-20171213-WA0053

Banda Aceh, Dalam memperingati Hari Juang Kartika 2017, Kodam Iskandar Muda tidak tanggung-tanggung menghadirkan sekaligus 3 ekor “Gajah” untuk ikut meramaikan Upacara Hut Juang Kartika di Lapangan Blang Padang Banda Aceh , Jumat (15/12/2017).

Hadirnya 3 ekor gajah dalam HUT Hari Juang Kartika yang dikoordinir oleh Rindam Iskandar Muda, tentunya akan menambah kemegahan upacara yang secara nasional diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Angkatan Darat yang tahun ini dipusatkan di Kodam I Bukit Barisan.

Dalam Gladi kotor di Lapangan Blang Padang, Rabu (13/12/2017) nampak gajah-gajah tersebut juga terlibat dalam parade dan flypass layaknya pasukan upacara yang lain. Spontan saja, kehadiran gajah-gajah tersebut mengundang pehatian publik yang melintas di sekitar Lapangan Blang Padang dilihat dari banyaknya pengendara kendaraan bermotor yang berhenti hanya untuk sekedar melihat Hewan mamalia berbelalai itu yang biasanya hanya dapat dilihat di kebun binatang.

Bukan tanpa alasan mengapa panitia HUT Hari Juang Kartika Kodam Iskandar Muda menghadirkan gajah-gajah tersebut. Seperti yang diketahui bahwa Gajah Putih merupakan lambang Kodam Iskandar Muda yang memiliki nilai historis karena di masa lampau merupakan bagian dari lambang kedigdayaan Sultan Iskandar Muda.

Menurut sejarah, Gajah Putih yang menjadi maskot Kerajaan Aceh di bawah pimpinan Sultan Iskandar Muda, berasal dari Tanah Gayo. Gajah Putih yang dimaksud bernama Biram Santani,. Oleh Raja Linge ke XIII, Sengeda, gajah putih tersebut dibawa turun menuju Kuta Raja, untuk dipersembahkan kepada Yang Mulia Paduka Tuanku Sultan Iskandar Muda, sang penguasa Kerajaan Aceh yang termasyhur hingga ke negeri Malaka. (BS)

Komentar

Loading...