Puncak Hari Juang Kartika 2017 Kodam IM Menyita Perhatian Media

Banda Aceh – Kodam Iskandar Muda (IM) menggelar puncak peringatan Hari Juang Kartika di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, hari ini, Jumat (15/12). Selebrasi tiga gajah dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam Aceh dan sosio drama kolosal lengkap dengan prototype perahu-perahu dan kostum para pemainnya yang disuguhkan dalam acara ini menjadikan acara tersebut menjadi luar biasa.

Sontak saja banyak media yang mengangkat berita tentang acara puncak Hari Juang Kartika 2017 Kodam IM baik di media cetak, online hingga elektronik. Sebagaimana dilansir www.aceh.tribunnews.com , salah satu portal online yang cukup populer di Aceh bahkan menurunkan berita secara real time dihari yang sama.

Tak kalah dengan media online yang memang dikenal kecepatan dalam penayangannya, beberapa media elektronik lokal seperti TVRI, Metro TV dan I News Aceh pun menayangkan puncak hari Angakatan Darat itu dalam berita siang sesaat setelah acara selesai.

Seperti yang diketahui, bahwa kehadiran gajah-gajah dari BKSDA Aceh yang merupakan maskot Kodam dan dikenal memiliki ikatan historis dengan figur Sultan Iskandar Muda itu menarik perhatian publik dan awak media, apalagi saat gajah-gajah itu melakukan aksi sosio drama bersama para pemain yang lain.

Nampak awak media yang meliput acara itu menjadikan gajah-gajah dan warna-warni kostum pemain sosio drama menjadi obyek bidikan kamera karena menurut mereka momen seperti ini sangat jarang terjadi di Banda Aceh. โ€œIni upacara militer yang unik dan menarik yang pernah saya lihatโ€ Gito, wartawan Waspada (Media Cetak) berkomentar.

Selain itu, Nurhalimah, seorang warga yang datang dari Aceh Timur berkomentar bahwa meski di Aceh terkenal dengan banyak hewan gajah, tapi dirinya baru kali ini dapat menyaksikan aksi gajah-gajah yang dihias cantik dan ikut dalam upacara militer. Dan dirinya datang ke Banda Aceh bersama keluarganya sengaja hanya untuk menyaksikan atraksi gajah-gajah itu.

Senada yang disampaikan Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Moh Fachruddin dalam keterangan pers nya usai perayaan puncak HJK di Blang Padang, bahwa sosio drama yang dipersembahkan merupakan manifestasi Kodam IM untuk bisa memberikan hiburan sekaligus edukasi kepada masyarakat, tentang nilai-nilai kejuangan dan agar Kemanunggalan TNI AD dan rakyat teap terpelihara.

Seperti yang diketahui bahwa Kodam IM memiliki fasilitas Media Center yang cukup lengkap dan seringkali menjadi rumah bagi para pewarta dan komunitas pers di wilayah Banda Aceh. Oleh karena itu, pemberitaan akan momen Hari Juang Kartika menjadi obyek pemberitaan yang menarik para awak media untuk ikut mengabarkan ke seluruh pelosok Provinsi Aceh khususnya.