Pangdam IM Shalat Subuh di Mesjid Raya Baiturrahman

Banda Aceh – Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Moch. Fachrudin, S.Sos shalt subuh dan mengikutiย  ceramah subuh di mesjid raya baiturrahman, Banda Aceh, Seninย  (25/12).

Kegiatan ini dalam rangka peringatan 13 tahun terjadinya tsunami di provinsi Aceh tepatnya pada 26 Desember 2004.

Pada kegiatan tersebut sebagai penceramah Ustad Akhi Tamlicha Hasan Lc. Menyampaikan, Pada tanggal 22 desember tahun yang lalu negara kita memperingati hari ibu,ย  sesungguhnya negara kita mengkhususkan bahwa hari ibu adalah hari spesial,ย  begitu juga didalam Al-quran,ย  agama Islam juga mengkhususkan kata-kata ibu, untuk itu mari kita selalu bersyukur terhadap nikmat Allah SWT.

Sesungguhnya agama Islam sangat memuliakan dan mengagungkan kedudukan kaum perempuan, dengan menyamakan mereka dengan kaum laki-laki dalam mayoritas hukum-hukum syariat, dalam kewajiban bertauhid kepada Allah, menyempurnakan keimanan, dalam pahala dan siksaan, serta keumuman anjuran dan larangan dalam Islam.

Allah Taโ€™ala berfirman, โ€œBarangsiapa yang mengerjakan amal-amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan sedang dia orang yang beriman, maka mereka itu akan masuk ke dalam surga dan mereka tidak dianiaya walau sedikitpunโ€ (QS an-Nisaaโ€™:124).Dalam ayat lain Allah Taโ€™ala berfirman, โ€œBarangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik (di dunia), dan sesungguhnya akan Kami berikan balasan kepada mereka (di akhirat) dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakanโ€ (QS an-Nahl:97). [Lihat keterangan syaikh Bakr Abu Zaid dalam kitab โ€œHiraasatul fadhiilahโ€ (hal. 17)].

Sebagaimana Islam juga sangat memperhatikan hak-hak kaum perempuan, dan mensyariatkan hukum-hukum yang agung untuk menjaga dan melindungi mereka. [Lihat kitab โ€œal-Marโ€™ah, baina takriimil Islam wa daโ€™aawat tahriirโ€ (hal. 6)]. Syaikh Shaleh al-Fauzan berkata, โ€œWanita muslimah memiliki kedudukan (yang agung) dalam Islam, sehingga disandarkan kepadanya banyak tugas (yang mulia dalam Islam).

Oleh karena itu, Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallamย  selalu menyampaikan nasehat-nasehat yang khusus bagi kaum wanita, bahkan beliau shallallahu โ€˜alaihi wa sallam menyampaikan wasiat khusus tentang wanita dalam kutbah beliau di Arafah (ketika haji wadaโ€™). [Dalam HR. Muslim (no. 1218)]. Ini semua menunjukkan wajibnya memberikan perhatian kepada kaum wanita di setiap waktu.