BABINSA WIH PESAM DAN PENYULUH PERTANIAN GELAR REMBUG TANI SEKOLAH LAPANGAN TEBU

REDELONG – Untuk meningkatkan hasil produksi gula yang baik, Babinsa Koramil-11/Wps Sertu Ali Syahbana Pulungan bersama Kepala Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Burni Telong Rina dan PPL Riduan menggelar acara rembung tani sekolah lapangan tebu di WKPP Dahlia II kepada Pok Tani Mekar Jaya Kp. Blang Paku Kec. Wih Pesam Kab. Bener Meriah, Senin ( 15/01/18 ).

Tebu adalah tanaman yang dibutuhkan oleh kita semua, karena menghasilkan gula, di mana banyak kita gunakan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Dalam kesempatan tersebut Kepala BPP menjelaskan, cara nenanam tebu dan budidaya yang benar agar mendapatkan hasil baik antara lain harus memperhatikan Iklim, cuaca, keadaan tanah, persiapan lahan, pemilihan bibit, waktu tanam, proses tanam, penyiraman, penyulaman, penyiangan, pemupukan, hama atau penyakit serta pemanenan.

Selanjutnyanya ia mengharapkan kepada peserta agar dapat memperhatikan dan memanfaatkan pertemuan ini dengan sebaik mungkin untuk bisa diterapkan di lahan pok tani setempat.

Sedangkan Babinsa menambahkan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menambah pengetahuan para petani tentang cara pembudidayaan tebu yang bisa menghasilkan tingkat randemen atau kadar gula tinggi.

Dengan begitu, maka akan dapat meningkatkan nilai tambah, yang berdampak positif pada pendapatan para petani, โ€˜โ€™Secara makro, out put dari pelatihan ini adalah untuk mendukung program pemerintah menuju swasembada gula”, Ujar Babinsa.