Dandim 0115 Tanam Raya Padi Bersama Wakil Bupati Simeulue

SIMEULUE. Komandan Kodim (Dandim) 0115/Simeulue Letkol Inf Awang Danuarto, S. Sos., bersama Wakil Bupati Simeulue Ibu Hj. Afridawati melaksanakan tanam raya Padi di lahan sawah di Desa Sigulai Kecamatan Simbar Kabupaten Simeulue. Selasa (30/01/18).

Dialam acara tersebut, Dandim 0115/Simeulue Letkol Inf Awang Danuarto, S. Sos., mengatakan bahwa keterlibatan TNI yakni Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 05/Simbar dalam โ€Žprogram pendampingan Petani tidak lain adalah dalam rangka membantu masyarakat petani untuk mendukung pemerintah terhadap program Ketahanan Swasembada Pangan.

Untuk itu, lanjut Dandim, pihaknya berharap agar program ini dapat berhasil, maka dibutuhkan semangat dan dukungan dari semua pihak, terutama semua pihak yang terkait maupun lintas instansi atau bidang bersama kelompok Tani untuk meningkatkan pengetahuan di bidang Pertanian, sehingga dapat mewujudkan Ketahanan Pangan di Kabupaten Simeulue.

Selain itu Dandim menambahkan, untuk memaksimalkan program ini, pihaknya telah memerintahkan Para Danramil dan para Babinsanya senantiasa melakukan pendampingan kepada masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani maupun yang tidak ikut dalam Poktan, sehingga masyarakat khususnya di Kecamatan Simeulue Barat dapat mandiri dan sejahtera dan bahkan mampu mengekpor beras keluar untuk memenuhi kebutuhan beras di wilyah atau kabupaten lain di Aceh.

Sementara itu, Wakil Bupati Simeulue Ibu Hj. Afridawati juga mengatakan kepada Kelompok Tani, untuk proaktif dan kompak untuk mengatasi permasalahan petani, seperti keperluan benih padi, pupuk dan penerapan teknologi pertanian yang tepat. Dan partisipasi para penyuluh pertanian, sangat dibutuhkan utamanya dalam membimbing dan membina para petani agar pengetahuannya semakin meningkat sehingga pada gilirannya mampu menambah produksinya dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Simeulue.

Selain itu juga, Wakil Bupati Simeulue mengatakan ucapan terimakasinya kepada Dandim 0115/Simeulue dimana para Babinsanya sudah membantu mendampingi masyarakat Kecamatan Simeulue Barat untuk mensukseskan program Swasembada Pangan, sehingga masyarakat kedepan tidak perlu lagi beli beras. Dan kerjasama program penanaman ini, menurutnya cara yang efektif dalam memberdayakan masyarakat petani khususnya dengan mendorong masyarakat untuk menyadari bahwa sektor pertanian adalah sektor kebutuhan yang paling pokok bagi masyarakat.

Tidak hanya itu, Kepala Pemerintah Daerah juga sangat mendukung program tersebut, dan berharap semoga kerjasama seperti ini dapat terus di tingkatkan kedepannya, bukan hanya tanam Padi saja, tapi juga kerjasama untuk bergandeng tangan untuk membangun daerah ini sehingga aman, damai dan sejahtera.