Kodim Pidie Gelar Apel Pasukan Pengamanan dan Penandatanganan Pakta Integritas Netralitas TNI Dalam Pilkada Pidie Jaya

IMG-20180213-WA0013

Pidie Jaya - Bertempat di Lapangan Sepak Bola Kota Meureudu Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya, Komando Distrik Militer 0102/Pidie menggelar apel Gelar Pasukan Pengamanan dan Penandatanganan Pakta Integritas Netralitas TNI dalam hal ini Prajurit Jajaran Kodim 0102/Pidie pada pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Pidie Jaya. Selasa (13/2/18).

Hadir dalam kegiatan apel tersebut Kasdim Pidie Mayor Arm Musani S.Pd. M.Sc, Plt Sekda Pemkab Pidie Jaya Drs. Abdurrahman Puteh, Camat Meureudu Jailani SE.MM,  Wakapolres Pidie, Kompol Tirta Nur Alam, S.E., Kajari Pidie Jaya Abdul Muin, S.H., Wakil Ketua I DPRK Pidie Jaya, Nazaruddin., Ketua KIP Pidie Jaya, Musman, S.H., Ketua Panwaslih Pidie Jaya dalam hal ini diwakili anggota Panwaslih Pidie Jaya, Masrul, M.A.Para SKPK dalam Pemkab Pidie Jaya. Para Kapolsek jajaran Pidie Jaya. Para Danramil jajaran Kodim 0102 / Pidie.

Dalam amanatnya Komandan Kodim 0102/Pidie Letkol Arh Donny Indiawan SIP menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan gelar pasukan hari ini adalah dalam rangka pengecekan kesiapan Kodim 0102/Pidie dalam pelaksanaan pengamanan Pilkada di Kabupaten Pidie Jaya.

Pelibatan Satuan Kodim 0102/Pidie dalam Pilkada Pidie Jaya berdasarkan Surat Kapolres Pidie Nomor : B/129/I/2018 Tanggal 18 Januari 2018 Tentang Rencana kebutuhan Personel TNI dalam rangka pengamanan Pilkada tahun 2018 di kabupaten Pidie Jaya, selain itu Pelibatan Satuan TNI AD dalam hal ini Kodim 0102/Pidie dalam pengamanan Pilkada juga berdasarkan Tap MPR RI Nomor : 7/MPR/2000 Tentang Peraturan TNI dan Polri yang diatur dalam pasal 4 tentang Bantuan TNI kepada Polri dalam rangka tugas keamanan atas permintaan yang diatur dalam Undang - Undang.

Bantuan Unsur TNI di berikan dan di gunakan untuk mendukung pelaksanaa  tugas - tugas Polri dalam rangkan menanggulangi gangguan atau ancaman Kamtibmas. Sesuai dengan dasar tersebut sebanyak 379 orang personel Kodim 0102/Pidie akan di Bawah Kendali Operasi ( BKO) kan ke Polres Pidie dibawah kendali Kapolres Pidie.

Lebih lanjut Dandim menegaskan bahwa kegiatan apel Gelar Pasukan dan Penandatanganan Pakta Integritas Netralitas TNI ini sebagai bentuk Komitmen Netral/ tidak memihak kepada Paslon manapun Kodim 0102/Pidie dalam pelaksanaan pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Pidie Jaya yang sebentar lagi akan memasuki tahapan Penetapan Paslon Bupati /Wakil Bupati Kabupaten Pidie Jaya.

Sebagaimana yang dalam pasal 39 ayat 2 tentang Netralitas TNI dalam Pilkada yang menyebutkan bahwa Prajurit dilarang dalam kegiatan Politik Praktis, serta Undang - Undang Nomor 34/2004 tentang larangan anggota TNI aktif berpolitik Praktis, Anghota TNI tidak menggunakan Hak Pilih dan dipilih serta anggota TNI dapat menduduki jabatan diluar TNI setelah mengundurkan diri atau pensiun dari dinas keprajuritan.

Komentar

Loading...